Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Proposal Lolos Program IRN 2023, Dapat Dana Penelitian

Kompas.com - 31/10/2023, 17:08 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mahasiswa yang mengirimkan proposal untuk mendapatkan dana penelitian dari program Indofood Riset Nugraha (IRN) 2023 makin meningkat.

Sejak program ini dibuka, sudah ada 600 proposal yang dikirim oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Setelah diseleksi oleh tim yang terdiri dari para pakar, ada 70 judul proposal yang lolos seleksi dan akan mendapatkan dana penelitian.

Sesuai ketentuan, dalam program IRN 2023 kali ini mengambil tema penelitian pangan fungsional berbasis potensi dan kearifan lokal.

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Franciscus Welirang mengatakan, program IRN adalah wujud komitmen Indofood untuk mendukung perkembangan dunia penelitian khususnya dalam bidang pangan yang memiliki peran dalam ketahanan pangan di tanah air serta menggali kearifan lokal.

Baca juga: IRN 2023: Indofood Sediakan Dana Riset Mahasiswa hingga Rp 20 Juta

Proposal yang lolos akan dapat dana penelitian

Menurutnya, Indofood sudah secara konsisten melaksanakan program IRN selama 25 tahun. Tema IRN 2023 sangat relevan dengan kebutuhan zaman.

Generasi muda punya potensi luar biasa untuk menggali sumber daya lokal dan mengembangkannya sebagai solusi inovatif dalam menciptakan pangan fungsional.

"Sehingga tidak hanya memberikan dampak bagi kesehatan tapi juga berkualitas dan berdaya saing. Serta memiliki nilai perekonomian yang tinggi," kata Franciscus dalam acara penandatanganan kontrak IRN 2023/2024, Selasa (31/10/2023).

Dia menjelaskan, para mahasiswa yang terpilih sebagai penerima bantuan dana riset adalah bibit-bibit peneliti yang handal.

Melalui dukungan ini, lanjut dia, Indofood ingin mendorong generasi muda untuk terus berperan aktif dalam mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan di Indonesia.

"Kerjasama ini jadi bukti nyata untuk menciptakan perubahan positif dalam bidang pangan. Selain itu bisa melahirkan inovasi yang berdampak positif bagi masyarakat dan negeri kita yang tercinta," papar Franciscus.

Baca juga: Universitas Terbuka Akan Buka 8 Prodi Baru S1 dan S2, Ada DKV

Antusiasme mahasiswa terhadap program IRN meningkat

Ketua Tim Pakar IRN Prof. Purwiyatno Hariyadi menambahkan, dalam dua tahun terakhir, IRN jadi bagian tak terpisahkan dari agenda akademik perguruan tinggi di Indonesia.

Antusias mahasiswa terhadap program ini makin meningkat. Hal ini terlihat dengan meningkatnya jumlah proposal yang masuk di IRN.

Dalam program IRN 2023, ada 600 proposal dan setelah melalui seleksi administrasi dan seterusnya cek substansi dari tim pakar. Selanjutnya ada 70 peneliti dari berbagai perguruan tinggi yang dinyatakan lolos.

"Sebanyak 70 proposal terpilih dari 45 perguruan tinggi dinyatakan layak untuk didanai dalam program IRN 2023/2024," kata Prof. Purwiyatno.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com