Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"AoP Summit 2023", PeaceGeneration dan Disdik Jabar Bentuk Agen Perubahan Antibullying

Kompas.com - 20/10/2023, 11:06 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - PeaceGeneration menggandeng Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar) menggelar agenda tahunan "Agent of Peace (AoP) Summit 2023" pada Kamis, 12 Oktober 2023, di Kota Bandung, Jawa Barat.

AoP Summit 2023 bertujuan mempromosikan perdamaian di kalangan pelajar dengan agenda utama mencegah tiga dosa besar dunia pendidikan, yaitu perundungan (bullying), intoleransi, dan kekerasan seksual.

Tahun ini AoP Summit dihadiri 140 peserta terdiri dari guru dan siswa yang mewakili 28 sekolah di wilayah Bandung Raya dan Garut.

Koordinator Pembelajaran PeaceGeneration Indonesia, Miftahul Huda menjelaskan melalui pengetahuan dan keterampilan, siswa diharapkan dapat menerapkan dengan cara menciptakan budaya damai dan toleransi di lingkungan sekolah melalui proyek Anti Bully.

"Setelah siswa menyelesaikan pelatihan, kami menyelenggarakan sesi lokakarya Happy Tanpa Bully. Selanjutnya, kami memberikan mereka tugas misi perdamaian untuk diimplementasikan di lingkungan sekolah," jelas Miftahul Huda.

"Para peserta diberi waktu sekitar dua bulan untuk merancang dan melaksanakan proyek perdamaian di sekolah masing-masing," lanjut Miftahul Huda.

Sebelum mengikuti AoP Summit, siswa perwakilan dari berbagai sekolah terlebih dahulu mengikuti lokakarya yang diadakan dalam rangkaian acara Youth for Peace.

Dalam lokakarya ini, para peserta mendalami pengetahuan mengenai fenomena bullying, mengidentifikasi beragam jenis bullying, serta memperoleh panduan dan tips efektif dalam mencegah tindakan bullying di sekolah.

Hasil dari proyek Anti Bully ini kemudian dipresentasikan pada kegiatan AoP Summit 2023.

Baca juga: Lomba Cerdas Cermat Astronomi di Itera, Peserta Didorong Jadi Agen Perubahan Iklim

Setiap siswa perwakilan dari sekolah masing-masing diberikan kesempatan untuk berbagi wawasan dan pengalaman mereka, serta menginspirasi peserta lainnya dalam upaya bersama mewujudkan budaya damai di dunia pendidikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com