Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNS Bakal Kukuhkan 4 Guru Besar Baru, Salah Satunya Berusia 37 Tahun

Kompas.com - 17/10/2023, 08:02 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menambah empat guru besar baru.

Keempat guru besar, yakni Prof. Heru Irianto dari Fakultas Pertanian (FP), Prof. Jauhari Syamsiyah dari Fakultas Pertanian, Prof. Muhammad Cahyadi dari Fakultas Peternakan, dan Prof. Sunny Ummul Firdaus dari Fakultas Hukum (FH).

Baca juga: Unja Bakal Kukuhkan 19 Guru Besar Baru

Sekretaris Senat Akademik UNS, Prof. Ari Handono Ramelan mengatakan, dari keempat guru besar tersebut, terdapat satu guru besar yang usianya 37 Tahun.

Dia adalah Prof. Muhammad Cahyadi. Pria kelahiran Lahat, Sumatera Selatan, 24 Maret 1986 ini tepat dikukuhkan sebagai guru besar pada usia 37 tahun 6 bulan.

"Keempat Guru Besar tersebut akan dikukuhkan oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho pada Selasa (17/10/2023) besok di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS," kata dia dikutip dari laman UNS, Selasa (17/10/2023).

Guru Besar pertama yang akan dikukuhkan, yaitu Prof. Heru Irianto. Prof. Heru merupakan Guru Besar dalam bidang Ilmu Manajemen Pemasaran pada Fakultas Pertanian.

Dia akan menyamaikan pidato inaugurasi berjudul "Perluasan Pasar Beras Organik untuk Mendukung peningkatan konsumsi dalam negeri dan Kebijakan Triple Export". Dia akan dikukuhkan sebagai Guru Besar ke-43 Fakultas Pertanian dan ke-295 UNS.

Guru Besar kedua yang akan dikukuhkan, yaitu Prof. Jauhari Syamsiah. Dia merupakan Guru Besar dalam bidang Ilmu Kimia dan Kesuburan Tanah pada Fakultas Pertanian.

Dia akan menyampaikan pidato inaugurasi berjudul "Pengelolaan Kesuburan Kimia Tanah Dalam Mendukung Pertanian Berkelanjutan". Dia akan dikukuhkan sebagai Guru Besar ke-44 Fakultas Pertanian dan ke-296 UNS.

Baca juga: Cerita Khoirotul Raih IPK 3,97, Sebelum Wisuda S2 Alami Kecelakaan

Guru Besar ketiga yang akan dikukuhkan, yaitu Prof. Muhammad Cahyadi. Dia merupakan Guru Besar dalam bidang Ilmu Bioteknologi Peternakan pada Fakultas Peternakan.

Dia akan menyampaikan pidato inaugurasi berjudul "Pengembangan Marker Genomik untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Asal Ternak di Indonesia". Dia akan dikukuhkan sebagai Guru Besar ke-5 Fakultas Peternakan dan ke-297 UNS.

Guru Besar keempat yang akan dikukuhkan, yaitu Prof. Sunny Ummul Firdaus. Dia merupakan Guru Besar dalam bidang Ilmu Hukum Tata Negara.

Dia akan menyampaikan pidato inaugurasi berjudul "Konstruksi Presidential Threshold Sebagai Open Legal Policy di Indonesia". Dia akan dikukuhkan sebagai Guru Besar ke-12 FH dan ke-298 UNS.

Baca juga: Kisah Nyoman, Lulusan Cumlaude ITB yang Lolos Beasiswa LPDP ke MIT

"Semoga dengan dikukuhkannya empat guru besar baru ini dapat memotivasi dosen-dosen lainnya untuk segera menjadi guru besar. Terlebih ini ada yang usianya 37 tahun, semoga bisa menginspirasi lainnya," pungkas Prof. Ari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com