Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Syarat dan Jadwal 4 Gelombang Daftar S2-S3 UGM 2023

Kompas.com - 16/10/2023, 13:19 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran kuliah jenjang magister (S2) dan jenjang doktor (S3) Universitas Gadjah Mada (UGM) dibuka.

Calon mahasiswa bisa mendaftar program Pascasarjana semester genap tahun ajaran 2023/2024.

Untuk memberi lebih banyak kesempatan pada calon mahasiswa pascasarjana, terdapat beberapa perubahan pada penerimaan mahasiswa periode ini.

Kali ini penerimaan mahasiswa baru dilakukan dalam empat gelombang sepanjang bulan September sampai Desember 2023.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM, Dr. Sigit Priyanta.

“Kenapa ada penyesuaian? Karena kami ingin memberikan kesempatan lebih luas kepada yang akan bergabung dengan UGM. Sembari menunggu, misalnya lembaga pemberi beasiswa. Sehingga, sekarang ada empat gelombang,” ucapnya dilansir dari laman UGM.

Baca juga: Cara Daftar Magister atau S2 UGM 2023 Beserta Jadwalnya

Pendaftaran periode 1 sebelumnya telah dibuka sejak 26 September 2024, dan pendaftaran akan tetap tersedia dalam 4 gelombang sampai 2 Januari 2024.

“Secara garis besar, UGM memiliki dua jalur penerimaan utama, yaitu jalur reguler dan jalur by research. Misalnya, untuk reguler nanti ada jalur biaya sendiri. Lalu ada kerja sama, ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang sudah mendapatkan beasiswa, baik lembaga sendiri atau dari mitra UGM. Ini agak unik ya untuk yang beasiswa, karena kebanyakan teman-teman mendaftar ke UGM dan ke beasiswa itu dalam waktu yang bersamaan,” tutur Sigit.

Oleh karena itu, UGM memberlakukan fleksibilitas bagi mahasiswa yang masih dalam proses mendapatkan beasiswa, dalam bentuk penundaan registrasi.

Setelah dinyatakan diterima, mahasiswa dapat melakukan penundaan registrasi selama menunggu kepastian beasiswa.

Penyediaan fleksibilitas bagi mahasiswa pascasarjana ini dimaknai sebagai upaya untuk memberikan kesempatan, sekaligus solusi bagi calon mahasiswa.

Baca juga: Kisah Nyoman, Lulusan Cumlaude ITB yang Lolos Beasiswa LPDP ke MIT

Berbeda dengan tingkat sarjana, mayoritas mahasiswa pascasarjana tentunya telah memiliki aktivitas di luar pendidikan, seperti bekerja, penelitian, bisnis, dan lain-lain.

Hal tersebut membuat mahasiswa seringkali kesulitan membagi waktu dengan kuliah. Solusi inilah yang dihadirkan agar mahasiswa dapat optimal, baik di ranah pendidikan maupun dalam aktivitas lainnya.

“Untuk program studi apa saja yang dibuka, itu bisa langsung diakses di website ugm.ac.id. Ada pilihan pascasarjana, kemudian masuk ke program studi, dan di sana sudah ada daftar program studi mana saja yang membuka hingga 4 gelombang. Sudah disediakan daftar biaya, dan kontak lebih lanjut apabila ada pertanyaan. Mayoritas memang dibuka untuk empat gelombang. Tapi ada beberapa juga yang tidak, seperti farmasi dan hukum,” ujar Sigit.

Persyaratan program S2 dan S3 UGM 2023

Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar adalah sebagai berikut:

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com