Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Biaya Sekolah SMA Taruna Nusantara Per Bulan? Ini Rinciannya

Kompas.com - 13/10/2023, 07:20 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebenar lagi pendaftaran SMA Taruna Nusantara bakal dibuka untuk tahun 2024. Tepatnya, sekitar bulan Januari.

Namun sebelum Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB 2024 SMA Taruna Nusantara dibuka, orangtua bisa tahu berapa biaya sekolah termasuk SPP untuk masuk di sekolah ini.

Perlu diketahui bahwa SMA Taruna Nusantara (SMA TN) adalah sekolah swasta yang banyak diincar siswa se-Indonesia. Sebab, dengan masuk SMA ini ada kesempatan lebih besar untuk lolos menjadi TNI atau polisi.

Karena sekolah ini merupakan SMA swasta, maka ada biaya saat mendaftar hingga selama menempuh pendidikan.

Baca juga: 11 SMA di Jawa Tengah yang Masuk Daftar Terbaik Se-Indonesia

Misalnya, Biaya Operasional Pendidikan (BPP) atau yang umum dikenal sebagai Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) per bulan. Ini ditambah biaya lain yang sudah ditetapkan sekolah.

Sebelum tahu biaya pendidikan yang dibutuhkan di SMA Taruna Nusantara, ketahui juga jalur pendaftaran calon siswa di SMA Taruna Nusantara. Ini rincian selengkapnya.

Jalur Masuk SMA Taruna Nusantara

Dilansir dari laman resmi SMA Taruna Nusantara, Kamis (12/10/2023), jalur pendaftaran calon siswa ada tiga yaitu Iuran Sekolah, Kontribusi Khusus, dan Beasiswa.

Ketiga jalur masuk SMA Taruna Nusantara ini memiliki perbedaan pada segi biaya. Meski biaya SPP atau biaya masuknya berbeda namun seluruh siswa tetap mendapatkan materi seleksi, fasilitas dan perlakuan sama.

Biaya Pendidikan SMA Taruna Nusantara

Ada empat biaya yang dibayarkan siswa. Antara lain uang pangkal, uang komite sekolah, uang kontribusi khusus dan BOP atau SPP. 

Baca juga: Beasiswa S2-S3 University of Melbourne, Tunjangan Rp 366 Juta Per Tahun

Namun biaya sekolah di SMA Taruna Nusantara dibagi dalam tiga kategori sesuai jalur pendaftaraan siswa baru. Yakni jalur beasiswa (BS), jalur Iuran Sekolah (IS) serta jalur Kontribusi Khusus (KK).

Masing-masing jalur pendaftaran siswa baru di SMA Taruna Nusantara ini juga berpengaruh terhadap biaya sekolah yang diperlukan.

Berikut rincian biaya sekolah SMA Taruna Nusantara sesuai dengan jalur penerimaan siswa baru:

1. Jalur Beasiswa

Siswa yang berhasil diterima di SMA Taruna Nusantara lewat jalur beasiswa akan dibebaskan dari sejumlah komponen pembiayaan.

Seperti uang pangkal, uang komite sekolah, uang kontribusi khusus, biaya operasional pendidikan.

Siswa yang lolos lewat jalur Beasiswa di Taruna Nusantara tetap akan membayar sumbangan sukarela yang diisi sesuai kesanggupan.

Baca juga: 4 Prospek Kerja Jurusan Teknik Geospasial di SMK, Gaji Bisa Rp 5 Juta Lebih

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com