Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UGM Temukan Khasiat Daun Binahong untuk Terapi Cedera Ginjal

Kompas.com - 11/10/2023, 11:46 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mengungkap manfaat dari daun binahong.

Dari hasil penelitian para mahasiswa UGM, daun binahong bisa dimanfaatkan sebagai terapi potensial untuk mengatasi cedera ginjal akut.

Penelitian ini melibatkan mahasiswa UGM dari berbagai jurusan, seperti Jurusan Kedokteran, Biologi, dan Farmasi. Para mahasiswa ini berkolaborasi untuk mengeksplorasi peran daun binahong dalam bidang kedokteran..

Yakni Zhafira Mafaz sebagai ketua penelitian dan melibatkan teman mahasiswa lain yaitu Astia Anelia, Zahira Shofa, Fadhil Maulana, dan Iffah Zakiya Yasmin. Penelitian ini dilaksanakan di bawah bimbingan dr. Nur Arfian, Ph.D.

Baca juga: 5 Universitas Terbaik di Yogyakarta Versi THE WUR 2024, UGM Nomor 1

Teliti manfaat daun binahong

Zhafira Mafaz mengatakan, penelitian daun binahong ini juga berhasil mendapatkan pendanaan yang vital untuk proyek penelitian ini.

Proyek ini telah diajukan sebagai bagian dari Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Riset Eksakta (PKM-RE) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

"Dana ini memainkan peran penting yang memungkinkan kami melakukan eksperimen dan analisis yang mendalam terkait manfaat potensial daun binahong dalam mengatasi cedera ginjal akut," urai Zhafira Mafaz kepada Kompas.com.

Dia mengungkapkan, cedera ginjal akut adalah kondisi medis serius yang dapat terjadi akibat sejumlah faktor, seperti transplantasi, kehilangan darah yang parah, penyakit jantung, kanker, atau efek samping obat-obatan tertentu.

Menurutnya, cedera ini dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal yang dapat mengancam nyawa pasien.

"Hingga saat ini, terapi cedera ginjal akut terutama berfokus pada perawatan medis konvensional, seperti dialisis dan pengobatan suportif," imbuhnya.

Zhafira Mafaz menambahkan, dalam penelitian yang dilakukan, daun binahong menunjukkan potensi luar biasa sebagai terapi tambahan dalam mengatasi cedera ginjal akut.

Baca juga: Cerita Alumnus SMA Taruna Nusantara Raih Beasiswa Indonesia Maju

Manfaat daun binahong bisa melindungi ginjal

Daun binahong, lanjutnya, memang telah dikenal dalam pengobatan tradisional, mengandung senyawa-senyawa aktif yang dapat memiliki efek terapi pada ginjal dan proses penyembuhan.

Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa ekstrak daun binahong dapat mengurangi peradangan dan kematian sel ginjal pada model hewan percobaan.

"Selain itu, daun binahong juga memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi ginjal dari kerusakan lebih lanjut," imbuhnya.

Zhafira Mafaz menekankan, temuan ini memberikan landasan yang kuat untuk penelitian lebih lanjut.

Selain itu, penelitian dapat dijadikan landasan untuk melanjutkan penelitian ini ke tahap lebih lanjut.

Baca juga: Cek 18 Sekolah Swasta Terbaik di Provinsi DIY

Bahkan jika berhasil, penggunaan daun binahong sebagai terapi tambahan untuk cedera ginjal akut dapat membuka pintu bagi pengobatan yang lebih efektif dan berkelanjutan untuk pasien yang terkena dampaknya.

"Penelitian ini memberikan harapan baru dalam pengobatan cedera ginjal akut. Penelitian ini mengilhami kami semua untuk terus menggali potensi alam dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup manusia," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com