Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Negara dengan Gaji "Fresh Graduate" Tertinggi dan Kampus Terbaiknya

Kompas.com - 09/10/2023, 13:47 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengambil keputusan untuk mengejar studi tingkat tinggi merupakan langkah besar dalam perjalanan pendidikan seseorang.

Selain mempertimbangkan reputasi kampus dan kualitas pendidikan, penting juga untuk memikirkan potensi penghasilan setelah lulus.

Penghasilan yang tinggi adalah salah satu impian banyak fresh graduate. Kini, dengan semakin terbukanya peluang pelatihan, beasiswa, dan fellowship dari berbagai negara, fresh graduate tidak hanya dapat bekerja di Indonesia, tetapi juga memiliki kesempatan untuk meraih pengalaman kerja di luar negeri dengan potensi gaji yang lebih besar.

Baca juga: 10 Jurusan S2 dengan Gaji Paling Tinggi di Luar Negeri

Namun, untuk mencapai gaji tinggi sebagai fresh graduate, penting untuk mempertimbangkan peningkatan keterampilan atau pendidikan serta mencari negara dengan bayaran yang menggiurkan.

Melansir konsultan studi luar negeri, Schoters Indonesia berikut 5 negara yang menawarkan gaji tertinggi bagi fresh graduate beserta rekomendasi kampusnya.

1. Swiss

Swiss adalah negara dengan standar pendidikan tinggi yang sangat berkualitas. Lulusan dari institusi Swiss sering mendapatkan gaji awal yang sangat menguntungkan di industri global.

Menurut data dari Swiss Federal Statistical Office 2020, rata-rata gaji fresh graduate di Swiss mencapai 10,036 Franc Swiss setara dengan Rp 172 juta per bulan.

Baca juga: 5 Negara dengan Biaya Pendidikan Murah, Ada 3 yang Gratis

Rekomendasi kampus terbaik di Swiss:

  • ETH Zurich
  • EPFL
  • University of Zurich

2. Denmark

Terletak di Skandinavia, Denmark menawarkan sistem pendidikan tinggi yang unggul dan lingkungan bisnis yang kompeten.

Di Denmark, lulusan S1 dan S2 dapat mengharapkan gaji awal yang kompetitif, terutama dalam bidang teknik, sains, dan teknologi informasi. Selain itu, negara ini menawarkan berbagai program magang dan pelatihan bagi fresh graduate untuk memasuki dunia kerja.

Baca juga: Beasiswa S2 ke Eropa 2024, Kuliah Gratis di 4 Negara dan Tunjangan

Menurut data dari Statista Research Department pada 2021, rata-rata gaji per bulan di sana mencapai 46, 474 Krone Denmark yang setara dengan Rp 102 juta.

Rekomendasi kampus terbaik di Denmark:

  • University of Copenhagen
  • Technical University of Denmark
  • Aarhus University

3. Luxembourg

Negara ini terletak di Eropa Barat, berbatasan dengan Belgia, Prancis, dan Jerman. Meskipun memiliki wilayah yang kecil, Luxembourg adalah salah satu pusat keuangan terkemuka di dunia dan memiliki banyak kampus terbaik yang menawarkan pendidikan tinggi berkualitas.

Luxembourg memiliki ekonomi yang sangat kuat, terutama dalam sektor keuangan dan teknologi informasi. Banyak perusahaan internasional memiliki kantor pusat atau cabang di negara ini, menciptakan peluang kerja yang banyak.

Baca juga: 5 Negara Tawarkan Beasiswa dan Visa Kerja Mudah bagi Fresh Graduate

Menurut data dari Eurostat 2022, rata-rata gaji per bulan untuk fresh graduate di sana sebesar 4,627 euro atau setara dengan Rp 75 juta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com