Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Jalur RPL? Ini Manfaat dan Kelebihannya

Kompas.com - 19/09/2023, 08:37 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apa itu jalur RPL mungkin perlu diketahui para calon mahasiswa. Selain program Diploma, Sarjana dan Sarjana Terapan, sejumlah perguruan tinggi kini juga menyediakan program jalur RPL atau Rekognisi Pembelajaran Lampau.

Lantas apa sebenarnya program RPL ini, apa keuntungannya dan bisa dimanfaatkan oleh siapa saja?

Dilansir dari laman Universitas Ubudiyah Indonesia dan sumber lain, Selasa (19/9/2023) menjelaskan mengenai jalur RPL yang kini sudah banyak disediakan oleh sejumlah perguruan tinggi ini.

RPL adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu.

Baca juga: Sekolah Kedinasan Transportasi Darat, Lulus Bisa Kerja di Dishub

Penjelasan jalur RPL

Atau bisa dirangkum bahwa jalur RPL adalah jalur kuliah yang memungkinkan pengalaman kerja sebagai ganti dari pemenuhan SKS. 

Melalui program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) ini, siswa dari Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) kini juga bisa melanjutkan studi untuk meraih gelar akademik di perguruan tinggi.

Mahasiswa yang menempuh pendidikan di jalur RPL bisa lulus lebih cepat asal telah memiliki kualifikasi dan pengalaman kerja yang dibuktikan secara valid melalui sertifikasi, maupun asesmen lainnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 41 Tahun 2021 tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) tipe A merupakan pengakuan Capaian Pembelajaran (CP) seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal, dan/atau pengalaman kerja untuk melanjutkan ke pendidikan formal.

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah ini bertujuan untuk mendorong perguruan tinggi memberikan kesempatan atau akses kepada calon mahasiswa yang telah memiliki Capaian Pembelajaran atau kompetensi sebelumnya untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Calon mahasiswa tidak perlu mengambil seluruh SKS pada program studi yang diminati.

RPL Tipe A bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang telah memiliki pengalaman pada suatu bidang pengetahuan dan keterampilan tertentu untuk masuk dalam pendidikan formal dengan kualifikasi tertentu berdasarkan pendidikan formal, non-formal, informal atau pengalaman kerja yang telah dimiliki.

Baca juga: Jurusan Kedokteran Kelas Internasional UI: Ini Biaya dan 3 Gelar yang Didapat

Keuntungan mengikuti jalur RPL

1. Lulus lebih cepat

Proses perkuliahan dengan menggunakan program RPL ini akan lebih singkat. Sehingga mahasiswa yang mengikuti program RPL ini akan lulus lebih cepat daripada jalur reguler.

2. Hemat biaya

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com