Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Landasan Ilmiah, Fajar Aditya "RJL 5" Tempuh S2 Antropologi UI

Kompas.com - 12/09/2023, 13:42 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Tubagus Fajar Adhitya, atau lebih dikenal sebagai Fajar Aditya, konten kreator cerita horor dan folklore kanal Youtube “RJL 5 – Fajar Aditya” tahun 2023 ini mulai menempuh pendidikan S2 Antropologi di Universitas Indonesia.

Pria asal Jakarta kelahiran tahun 1992 ini aktif di YouTube, TikTok, Instagram, Twitter, dan Facebook dan dekat dengan mereka yang gemar mengikuti konten horror dan folklore.

Keputusan Fajar melanjutkan pendidikan lanjutan ini tidak hanya menunjukkan minatnya pada folklore, budaya, dan masyarakat lokal Indonesia bukan hanya sekadar hobi, melainkan juga komitmen yang serius.

Ia menyampaikan, pendidikan S2 di bidang Antropologi akan memberikan landasan yang kuat baginya dalam memahami lebih dalam aspek-aspek budaya dan sosial yang sering menjadi fokus dalam kontennya.

Dia bertujuan memadukan minat dan bakatnya dalam dunia media sosial dengan pengetahuan akademik yang kokoh.

“Ini juga memungkinkan saya untuk menyajikan cerita-cerita horor dan folklore dengan latar belakang pengetahuan yang lebih mendalam, sehingga dapat memberikan perspektif yang lebih kaya kepada para penonton RJL,” jelas Fajar.

Didirikan pada tahun 2016, RJL menjadi salah satu platform untuk eksplorasi kisah horor, sejarah, dan kadang-kadang, komedi horor. RJL kini telah memperoleh lebih dari 3,3 juta subscribers di YouTube; 1,6 juta pengikut di TikTok; dan 165 ribu pengikut di Instagram.

Namun, salah satu hal yang membedakan konten RJL adalah pendekatannya yang unik terhadap genre horor.

Fajar tidak hanya mengandalkan aspek ketakutan semata. Sebaliknya, ia mencoba menggali dan memahami kisah-kisah horror dan folklore Indonesia yang sarat akan nilai-nilai moral.

Fajar menjelaskan, “fenomena horror dan folklore di Indonesia sangat beragam, tapi ciri khasnya itu ada nilai-nilai moral yang kuat di sana."

Baca juga: 10 Kampus Punya Jurusan Antropologi Terbaik di Indonesia

 

"Dalam setiap karya kontennya, dia berusaha menghibur sekaligus menginspirasi, yakni dengan mengajak para penontonnya untuk merenungkan makna di balik cerita-cerita tersebut," tambahnya lagi.

Selain menjadi konten kreator, di @donfajaraditya untuk Instagram dan Tiktok serta YouTube RJL 5 - Fajar Aditya, ia juga merupakan seorang penulis. Salah satu karyanya yang menjadi best seller adalah buku “Hilang Dalam Dekapan Semeru”. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com