Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Pilah-pilih Sekolah untuk Anak di Batam, Pertimbangkan 6 Hal Berikut

Kompas.com - 10/09/2023, 10:19 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com - Sama dengan kota lainnya, memilihkan anak sekolah terbaik di Batam juga butuh pertimbangan matang. Hal ini karena pada dasarnya, pendidikan merupakan aspek yang penting dalam hidup seseorang dan memengaruhi perkembangan juga kesuksesan anak di masa depan.

Bagi Anda yang berdomisili di Batam, saat ini ada cukup banyak sekolah tersedia, mulai dari negeri hingga swasta.

Namun, sebagai orangtua, Anda perlu membantu anak untuk memilihkan sekolah terbaik. Arahkan dan pastikan anak mendapatkan pendidikan berkualitas.

Tak hanya itu, fasilitas pendidikan yang dipilih juga harus dapat memenuhi kebutuhan anak di samping sesuai dengan kemampuan orangtua. Adapun pendidikan yang baik idealnya dapat memenuhi kebutuhan perkembangan karakter dan intelegensi anak.

Pendidikan yang dimaksud juga harus bisa menyentuh beberapa aspek pada diri anak, meliputi kecerdasan spasial, linguistik, kinestetik, logis, naturalistik, interpersonal, dan intrapersonal. Seluruhnya dibutuhkan, utamanya pada usia golden years (0-5 tahun).

Lalu, apa saja yang harus dipertimbangkan saat memilihkan anak sekolah? Simak enam hal berikut.

1. Lokasi sekolah dan jarak

Lokasi dan jarak sekolah dari rumah adalah hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan. Ingat, sekolah dengan jarak yang jauh dapat membuat anak kelelahan di perjalanan.
Jika mereka lelah, mereka pun tak akan optimal dalam menuntut ilmu di sekolah.
Hl itu pula yang menjadi dasar diberlakukannya system zonasi pada sekolah negeri.

2. Kurikulum

Kurikulum yang diterapkan di setiap sekolah bisa saja berbeda, khususnya pada sekolah swasta.

Berbeda dengan sekolah negeri yang kurikulumnya terikat dengan peraturan pemerintah, sekolah swasta punya wewenangs endiri ntuk menerapkan kurikulum pilihan.

Jika Anda memilihkan si kecil untuk bersekolah di sekolah swasta, ada baiknya untuk memilih sekolah yang menerapkan kurikulum nasional agar pendidikannya relevan dengan kehidupan di Tanah Air.

Kalaupun memilih sekolah internasional, tak ada salahnya Anda mencari tahu apakah sekolah tersebut memberlakukan kurikulum dengan mengombinasikan internasional dan nasional.
Kombinasi dari keduanya dapat mempermudah siswa dalam belajar. Adanya kurikulum internasional juga akan mempermudah anak apabila nantinya ingin melanjutkan studi ke luar negeri.

3. Kebutuhan dan minat anak

Hal lainnya yang harus dipertimbangkan dalam memilih sekolah terbaik bagi anak, yaitu kebutuhan dan minat anak.

Cari tahu minat anak Anda, kelebihan, serta kelemahannya saat proses mencari sekolah. Dengan begitu, Anda bisa menentukan sekolah yang dapat mendorong kelebihan si kecil dan membantunya mengatasi kelemahan.

Itulah kenapa selama memilih sekolah, ada baiknya Anda melibatkan anak. Cari tahu kebutuhan mereka dan sesuaikan dengan tempat belajarnya agar bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Perlu diingat kembali bahwa sekolah adalah tempat belajar untuk jangka panjang, jadi Anda tidak boleh memutuskan secara asal.

4. Rasio jumlah siswa dan guru

Berikutnya, Anda bisa mencari tahu rasio jumlah guru dan siswa yang ada di sekolah yng menjadi target Anda dan anak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com