Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung SDG's, UI dan Danone Aqua Gelar Kompetisi Inovasi "Voice of Youth Challenge"

Kompas.com - 08/09/2023, 15:34 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) dan Danone Aqua menggelar “Voice of Youth Challenge 2023”, kompetisi inovasi program terkait isu keberlanjutan mengenai kesehatan dan lingkungan

Kompetisi bertujuan mendorong mahasiswa menghasilkan ide kreatif dan inovatif untuk dapat mengajak dan menginspirasi masyarakat dalam dua kategori tema utama yaitu “Sadar Hidrasi” dan “Manajemen Sampah.”

Ketua Panitia "Voice of Youth Challenge 2023", Nurul Safitri, dosen dan peneliti di Cluster Innovation and Governance (CIGO) Fakultas Ilmu Administrasi UI menjelaskan, “era globalisasi telah membawa tantangan bagi keberlanjutan organisasi, bangsa, dan negara."

"Semua pihak, mulai dari individu, kelompok, organisasi, hingga bangsa dan negara, membutuhkan keberlanjutan. Dalam konteks ini, inovasi memainkan peran sentral dalam mencapai tujuan keberlanjutan tersebut,” jelas Nurul Safitri.

Melalui ajang kompetisi ini, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis berbagai permasalahan yang dihadapi Indonesia, dan menggunakan lingkungan kampus sebagai representasi miniatur atau sarana uji coba dari situasi di Indonesia.

Para mahasiswa dihadapkan pada tantangan mengembangkan ide inovatif dan kreatif guna mengatasi berbagai permasalahan tersebut. Validasi atas ide-ide ini akan dilakukan di lingkungan kampus atau lingkungan terdekat, sesuai dengan fokus permasalahan yang hendak diatasi.

Nurul menambahkan, "kami juga bercita-cita melahirkan para inovator muda dari kalangan mahasiswa perguruan tinggi, yang mampu menangani permasalahan yang melibatkan organisasi, bangsa, dan negara melalui ide-ide kreatif dan inovatif mereka."

Angkat isu sampah plastik dan hidrasi

Arif Mujahidin, Corporate Communications Director Danone Indonesia, menambahkan, “Danone Aqua pun turut mendorong pemikiran inovatif dari generasi muda Indonesia untuk keberlanjutan lingkungan dan kesehatan masyarakat."

Baca juga: Capai SDGs di ASEAN, Perlu Kerja Sama Dagang Lintas Negara

Hal ini menjadi alasan, lanjut Arif Mujahidin, pihaknya menyambut baik kerjasama dengan UI dengan turut berinisiasi dalam kompetisi Voice of Youth Challenge 2023.

"Tujuan dari kompetisi ini seirama dengan komitmen keberlanjutan yang kami jalankan, di mana salah satunya adalah inisiatif perusahaan dalam mengangkat konsep conscious consumption melalui kampanye #PikirinDulu," ungkapnya.

"Kampanye ini merupakan upaya Danone-AQUA membangun kesadaran generasi muda untuk berpikir kritis terlebih dahulu sebelum berkonsumsi untuk mempertimbangkan dampak sebuah produk bagi kesehatan, lingkungan, dan juga masyarakat atau komunitas,” tambahnya.

Kegiatan kompetisi Voice of Youth Challenge 2023 sejalan dengan komitmen Universitas Indonesia untuk mendukung program pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Tema kompetisi tahun ini selaras dengan dua tema SDGs; nomor 3 mengenai Kehidupan Sehat, dan Sejahtera, dan nomor 12 mengenai Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Plastik Indonesia (Inaplas) dan BPS, jumlah sampah plastik di Indonesia mencapai sekitar 64 juta ton per tahun nya . Permasalahan sampah di lingkungan kampus juga masih menjadi penghambat serius bagi perguruan tinggi.

Tidak hanya itu, masalah kesehatan terkait hidrasi juga menjadi masalah serius karena kurangnya asupan cairan akan berdampak pada kesehatan.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com