Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Jalani Kerja Sama Ini agar Mahasiswa Melek Literasi Keuangan

Kompas.com - 30/08/2023, 15:41 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) menjalin kerja sama dengan pialang berjangka Agrodana Futures untuk mempersiapkan mahasiswa siap melek literasi keuangan.

Kerja sama itu dalam membentuk Commodity Derivative Interest Group (CDIG) di UGM.

Baca juga: Gagal Kuliah di Jurusan Kedokteran, Rahmat Justru Dapat Beasiswa di AS

Saat penandatanganan kerja sama, diselenggarakan juga kuliah umum yang dihadiri oleh 300 mahasiswa dari berbagai fakultas UGM.

Wakil Rektor Bidang SDM dan Keuangan UGM, Prof. Supriyadi mengatakan kerja sama pengembangn SDM manajemen bisnis diharapkan mampu mendorong kemajuan pendidikan dan pengembangan industri perdagangan berjangka di Indonesia.

Sebab, industri perdagangan berjangka ini masih belum tersosialisasi masif di kalangan mahasiswa bahkan di masyarakat.

"Istilah perdagangan berjangka masih asing apalagi di lingkungan perguruan tinggi. Saya kira kerja sama ini memiliki potensi dalam pengembangan pengetahuan dan praktik perdagangan berjangka yang tidak bisa kita hindarkan ke depannya," kata dia dalam keterangan resminya, Rabu (30/8/2023).

Prof. Supriyadi menambahkan, melalui kerja sama ini diharapkan akan meningkatkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa tentang literasi keuangan, baik untuk perdagangan bursa saham maupun bursa komoditi.

"Di luar negeri perdagangan berjangka sudah sangat maju. Seharusnya kita tidak ketinggalan dan bisa berperan," ungkap dia.

Direktur Utama Agrodana, Laurentius Gunawan menyampaikan apresiasi pada UGM karena bisa melakukan kerja sama mendorong edukasi ke mahasiswa dalam bidang bisnis perdagangan berjangka.

Dengan adanya kerja sama ini membuat dirinya ingin para mahasiswa bisa siap terjun di dunia kerja ketika lulus.

Lalu, kata dia, bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dari industri PBK.

"Pemahaman yang benar tentang PBK juga akan meningkatkan literasi keuangan dan membantu mereka terhindar dari berbagai penipuan/investasi bodong," ucap Laurentius Gunawan.

Baca juga: Mahasiswa Tak Wajib Skripsi Lagi, Nadiem: Bisa Bentuk Proyek dan Lain

Aktif jalani edukasi agar masyarakat tahu PBK

Ketua Asosiasi Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (Aspebtindo), Udi Margo Utomo menjelaskan, Agrodana Futures adalah Pialang Berjangka yang sangat aktif dalam memberikan edukasi ke masyarakat dan ini sangat penting demi kemajuan industri PBK.

"Semakin banyak masyarakat yang memahami cara bertransaksi yang aman dan benar, maka industri ini akan semakin bertumbuh dan turut menguatkan perekonomian Indonesia," ungkap Udi.

Baca juga: 15 Fakultas Ekonomi Terbaik di Indonesia, 2 PTS Masuk Daftar

Biasanya produk yang bisa diperdagangkan dalam PBK saat ini, yakni mencakup valuta asing, CFD saham Amerika Serikat, CFD index saham Amerika Serikat serta komoditas pertanian dan pertambangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com