Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

Ajakan Menulis Konten Positif Jurnalisme Berkebangsaan di Tular Nalar

Kompas.com - 28/08/2023, 16:24 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Cosmas Gunharjo Leksono - Anggota Tim Komunitas Jurnalisme Berkebangsaan Kompas Gramedia

KOMPAS.COM - Tular Nalar merupakan sebuah program pelatihan literasi digital yang diprakarsai oleh Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Google.org dan Love Frankie sebagai mitra pelaksana.

Tular Nalar menjadi platform pembelajaran bagi masyarakat untuk dapat menumbuhkan pemikiran kritis dalam penyebaran hoaks, ujaran kebencian dan berbagai informasi bohong di social media.

Acara selebrasi kolaborasi dengan Tular Nalar diadakan di Rumah Dinas Walikota Surakarta pada 23 Agustus 2023.

Perayaan hari itu menghadirkan berbagai orang dari latar belakang yang berbeda. Mulai dari anak muda sampai dengan lansia hadir di Rumah Dinas Walikota Surakarta, diperkirakan ada sekitar 1.000 peserta yang antusias mengikuti kegiatan secara offline dan online.

Komunitas Jurnalisme Kebangsaan juga tidak mau ketinggalan untuk menularkan virus positif di acara Selebrasi Tular Nalar.

Turut hadir dari Jurnalisme Kebangsaan yaitu Revansha Ananda Muhammad Fishabil (Jogja), Vanness Budiman (Jogja), dan Oktavia Istiqomah (Karanganyar). Sementara peserta workshop singkat dari BEM UNS Solo, diantaranya Efraim, Yoke, Honif, Lucky, Farah, Alexiaz, Fafa, Valen hingga aura.

“Kami mengajak yang hadir di sini untuk memulai mengisi konten positif di berbagai media, baik media sosial (Facebook, Instagram), blog hingga media massa cetak maupun online," kata Cosmas Gunharjo, Ketua Jurnalisme Kebangsaan Wilayah Jateng-DIY.

"Kita mulai dari masalah keseharian, masalah sosial di sekitar kita, atau kehidupan di kampus. Apa saja bisa ditulis, kalau kita lancar menulis status, berarti kita bisa menulis. Gunakan kesempatan menulis hal-hal positif untuk berperan dalam kemajuan Indonesia,” lanjutnya.

Pada kesempatan hari itu, peserta dikenalkan mengenai apa itu Jurnalisme Berkebangsaan.

Mereka dapat mengakses informasi lebih lanjut mengenai reportase pekerja anak yang berkolaborasi dengan LSM Jarak dan jurnalisme kebangsaan, sehingga dapat mengakses apa saja, informasi apa saja pencapaian dari komunitas ini melalui barcode yang telah disediakan.

“Dunia digital yang sejauh ini menjadi dunia yang serba bebas (euforia) dan tanpa batasan (bahasa,waktu, dan akses) tentu memerlukan pengguna yang bijak dan berdasarkan nilai-nilai yang sudah dipahami bersama untuk membuat konten positif yang mendukung demokrasi dan penguatan nilai bangsa Indonesia,” jelas Vaness Budiman.

Ia juga memaparkan, setiap konten yang dibuat dan disebarkan pada media digital, tentu bisa membawa dampak positif dan negatif.

Ia mengajak generasi muda yang senang membuat konten di media sosial untuk turut serta memberikan konten-konten yang menarik dari tulisan, video, ataupun desain karena memiliki dampak baik juga bagi khalayak luas.

Baca juga: Jurnalisme Berkebangsaan: Gen Z Miliki Kepercayaan Diri Tinggi dalam Pembuatan Konten

Jurnalisme Berkebangsaan menawarkan para peserta untuk menciptakan ekosistem kreatif dalam pembuatan konten sosial media. Ajakan tersebut tentunya mendapatkan respon positif dari peserta yang hadir dalam kegiatan hari itu.

 

Melalui kesempatan tersebut, Jurnalisme Berkebangsaan menunjukkan dedikasi mereka untuk terus menciptakan konten-konten positif demi kemajuan bangsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com