Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKKMB USU 2023 Hadirkan Fiki Naki, Sosok Inspiratif Kuasai Beberapa Bahasa Asing

Kompas.com - 22/08/2023, 10:33 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pada pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Sumatera Utara (USU) 2023, Jumat (18/8/2023) dihadirkan sosok inspiratif.

Dia adalah content creator dan Youtuber yang menguasai lima bahasa asing. Tujuannya agar Fiki Naki bisa memberikan inspirasi bagi mahasiswa untuk masuk menjadi bagian dari globalisasi dengan menguasai bahasa asing.

Diketahui, Fiki Naki belajar bahasa asing secara otodidak dengan langsung menerapkanya di Ometv, media sosial yang menawarkan percakapan video online dengan orang-orang secara acak dari seluruh dunia.

Adapun Fiki Naki telah menguasai bahasa Inggris, Rumania, Rusia, Spanyol, dan Mandarin.

Baca juga: 4 Tips Menjadi Mahasiswa Aktif, Penting Diketahui Maba

Sementara dilansir dari laman resmi USU, ada sebanyak 8.393 mahasiswa baru USU yang ikut PKKMB USU 2023.

Bertema "Building a Bright Future Together", tema ini bermakna tentang kolaborasi masa depan yang cerah, serta berkontribusi untuk kemajuan USU dengan menghasilkan mahasiswa dan alumni yang unggul.

Menurut Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si., para mahasiswa baru harus merencanakan masa depan mulai dari sekarang.

"Melihat masa depan kalian yang lebih cerah. Masa depan itu gerbang yang harus kita akan lalui nantinya. Masa depan itu harus kita bangun dan kita impikan dari sekarang ini, bukan nanti," ujarnya Prof. Mury.

Tak hanya itu saja, Rektor juga berpesan pada maba USU bahwa selama masa perkuliahan harus mengeksplorasi segala hal untuk mengetahui apa yang diinginkan.

"Ketika Anda masuk menjadi seorang mahasiswa, yang diperlukan dan yang paling adalah niatkan. Baktikan diri Anda itu untuk mengeksplorasi apa yang akan kita dapatkan," kata Prof. Mury.

Maka dari itu, rektor berharap para maba mengeksplorasikan semua yang ingin diketahui di dalam proses perkuliahan itu.

"Saya maksud dengan eksplorasi itu tidak boleh terbatas, dan tidak boleh ada hambatan ketika kita ingin mengetahui apa yang ingin kita ketahui," jelas Rektor USU.

Sementara Direktur Prestasi Mahasiswa dan Hubungan Kealumnian, Doli Muhammad Jafar Dalimunthe SE, M.Si., mengatakan bahwa yang menjadi pembeda antara PKKMB tahun ini dengan tahun lalu adalah para mahasiswa baru sudah mendapatkan jaket almamater USU.

Baca juga: Mahasiswa, Yuk Coba 4 Jenis Olahraga Ringan Menyehatkan

"Secara overall perbedaannya mulai tahun ini pertama sekali menyematkan jaket almamater, karena pertama kalinya untuk angkatan baru itu bisa serahkan sebelum PKKMB," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com