Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran Kedokteran UPI Dibuka Besok, Ini Jenis Tes dan Jadwalnya

Kompas.com - 09/08/2023, 16:15 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) membuka pendaftaran Program Studi (prodi) Kedokteran besok Kamis, 10 Agustus 2023 hingga 16 Agustus 2023.

Calon mahasiswa yang ingin menjadi dokter dan belum mendapatkan perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan, bisa memanfaatkan pendaftaran Kedokteran UPI 2023 ini.

Dilansir dari laman resmi UPI, Rabu (9/8/2023) pendaftaran Kedokteran UPI 2023 ini punya visi untuk menghasilkan dokter yang terdepan, unggul, kompeten dan memiliki keunggulan pada pencegahan penyakit-penyakit degeneratif melalui aktivitas fisik.

UPI resmi mendirikan Program Studi Dokter Fakultas Kedokteran melalui proses visitasi kelayakan Fakultas Kedokteran pada 5-6 Mei 2023 silam.

Baca juga: Pengumuman Jalur Mandiri UIN Jakarta 2023, Ini Biaya UKT Semua Prodi

Keunggulan Kedokteran UPI

Fakultas Kedokteran UPI resmi didirikan pada 5 Mei 2023 berdasarkan izin Lembaga Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) bahwa UPI layak untuk membuka Fakultas Kedokteran dengan keunggulan sport medicine and tourism sebagai upaya untuk mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) terutama dukungan bagi Atlet Indonesia.

Rektor UPI, Prof. Dr. M. Solehuddin mengungkapkan, karakter dokter yang diharapkan adalah dokter-dokter muda sesuai dengan standar kedokteran berdasarkan keunggulan fakultas kedokteran UPI ini sport medicine and tourism sehingga dapat memberikan warna baru pada Fakultas Kedokteran di Indonesia.

Selain itu dr. Mariatul Fadilah, Ketua Divisi Pendidikan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) berharap semoga UPI mampu mencapai standar Fakultas Kedokteran dengan surat rekomendasi yang diberikan serta KKI disertai dengan dukungan yang sepenuhnya.

Fakultas Kedokteran ini bukan hanya untuk melengkapi jumlah dokter dan distribusi, melainkan juga mampu mengatasi masalah lokal.

Baca juga: Pendaftaran Kedokteran Unesa Masih Buka, Cek Besaran Uang Pangkalnya

Jenis tes untuk mendaftar Kedokteran UPI 2023

Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar Kedoktera UPI 2023, perlu tahu jenis tes yang akan dilaksanakan. Jenis tesnya berupa:

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

2. Literasi dalam bahasa Indonesia dan literasi dalam bahasa Inggris

3. Biologi dan Kimia.

Berikut jadwal pendaftaran Kedokteran UPI 2023 yang perlu diperhatikan calon mahasiswa:

  • Sosialisasi: 8-14 Agustus 2023
  • Pendaftaran: 10-16 Agustus 2023
  • Pelaksanaan Ujian Tulis: 18-20 Agustus 2023
  • Pengumuman: 22 Agustus 2023
  • Registrasi: 23-25 Agustus 2023
  • MOKAKU (Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum): 28-31 Agustus 2023
  • Perkuliahan: mulai 1 September 2023

Baca juga: Pendaftaran S1 Kedokteran ITS 2023 Dibuka, Ini Biaya Kuliahnya

Demikian informasi mengenai pendaftaran Kedokteran UPI 2023 yang bisa kamu manfaatkan. Untuk informasi lebih lengkap dan pendaftaran bisa dilakukan di laman pmb.upi.edu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com