Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa PBSB 2023 Diumumkan, Catat Jadwal Pencairan Dana Bantuan

Kompas.com - 09/08/2023, 06:19 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program Beasiswa Santri Berprestasi atau beasiswa PBSB 2023 diumumkan, Senin (7/8/2023) lalu.

Beasiswa PBSB 2023 adalah program kolaborasi Kementerian Agama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kenterian Keuangan berupa pengelolaan dan pendanaan beasiswa gelar yang bersumber dari Dana Abadi Pesantren bagi santri lulusan Pondok Pesantren, Dayah, Surau, Meunasah, atau sebutan lain yang unggul, kompetitif serta memiliki potensi akademik yang baik untuk jenjang pendidikan tinggi.

Beasiswa PBSB 2023 dibuka pada pilihan 23 perguruan tinggi mitra dan 85 program studi melalui skema pemanfaatan Dana Abadi Pesantren (DAP).

Beasiswa PBSB 2023 menyediakan 1.000 kuota beasiswa bagi santri yang akan melanjutkan studi ke jenjang Strata satu (S1) dan Strata dua (S2).

Baca juga: 6-12 Bulan ke Depan, Mendikbud: Sekolah Wajib Bentuk TPPK dan Satgas Tangani Kekerasan

Catat jadwal pencairan dana beasiswa PBSB 2023

Pilihan prodi yang dapat dipilih oleh santri di antaranya mulai dari Keagamaan, Manajemen, Pendidikan, Sains dan Teknologi, Kedokteran, Kesehatan, Ekonomi, dan Sosial Humaniora.

Dilansir dari laman beasiswa.kemenag.go.id, Selasa (8/8/2023) menyampaikan beberapa hal penting setelah pengumuman beasiswa PBSB 2023.

Berdasarkan hasil seleksi tahap III – tes wawancara/lisan online Program Beasiswa
Santri Berprestasi (PBSB) kolaborasi Kementerian Agama dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang dilaksanakan pada tanggal 28 Juli sampai dengan 1 Agustus 2023, disampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Hasil Seleksi Tahap III – Tes Wawancara/Lisan Online dapat dilihat pada Akun Santri pada 7 Agustus 2023 lalu.

2. Santri dapat mengakses Akun Santri pada laman https://beasiswa.kemenag.go.id/pendaftaranpbsb/login menggunakan user dan password yang dimiliki Santri.

3. Santri yang dinyatakan lolos seleksi tahap III – tes wawancara/lisan online agar segera
menghubungi narahubung pengelola PBSB pada perguruan tinggi serta pengurus organisasi CSSMoRA perguruan tinggi untuk melakukan pendaftaran ulang dan mengikuti aktivitas sesuai kalender akademik yang ditentukan Perguruan Tinggi.

4. Santri yang terbukti menggunakan data atau dokumen palsu dan/atau tidak sesuai dengan persyaratan/ketentuan yang telah ditetapkan akan didiskualifikasi secara sepihak.

5. Ketetapan dalam pengumuman ini tidak dapat diganggu gugat.

Baca juga: 8 Pekerjaan Paling Dicari pada 5 Tahun Mendatang

Setelah pengumuman beasiswa PSBB 2023, santri yang dinyatakan lolos bisa melakukan pendaftaran ulang pada perguruan tinggi mitra PSBB.

Setelah itu Santri bisa mengikuti masa perkuliahan pada perguruan tinggi mitra PSBB. Kedua tahapan tersebut jadwalnya menyesuaikan kalender akademik perguruan tinggi masing-masing.

Sedangkan pencairan dan penyaluran dana beasiswa PBSB 2023 dilaksanakan bulan September-Oktober 2023.

Sebagai informasi, penerima beasiswa PBSB 2023 akan memperoleh dana untuk biaya pendidikan dan tunjangan. Komponen biaya pendidikan mencakup biaya pendaftaran, biaya matrikulasi, dan biaya kuliah.

Tunjangan yang disediakan meliputi biaya transportasi, biaya tunjangan buku, biaya hidup, biaya asuransi, biaya tunjangan skripsi/tesis, dan biaya darurat.

Baca juga: Nadiem Makarim: Ada Sanksi Ringan hingga Berat bagi Pelaku Kekerasan

Demikian informasi mengenai pengumuman beasiswa PBSB 2023 yang perlu diketahui para santri. Selain itu, kamu juga perlu mencatat jadwal pencairan dan penyaluran dana beasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com