Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari 2.998 Pendaftar, Hanya 50 yang Diterima di Kedokteran ITS

Kompas.com - 08/08/2023, 17:39 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Dari total 2.998 pendaftar di Prodi Kedokteran Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), hanya sebanyak 50 mahasiswa saja yang akhirnya diterima.

Adapun Prodi Kedokteran ITS yang akhirnya resmi dibuka pada 2023 ini hanya menerima calon mahasiswa baru melalui jalur seleksi Mandiri Umum karena waktu yang sudah sangat sempit.

Sedangkan pengumumannya dilaksanakan pada Selasa (8/8/2023) melalui laman resmi ITS. Prodi baru ini memiliki tingkat keketatan yang cukup tinggi.

Menurut Kepala Subdirektorat Admisi ITS, Dr. Eng. Unggul Wasiwitono, ST., MEngSc., persaingan calon mahasiswa di prodi ini cukup ketat.

Baca juga: 4 Kriteria Mahasiswa Berhak Dapat KIP Kuliah

Sebab hanya 1,67 persen peserta yang berhasil lolos dalam seleksi ini dari jumlah pendaftar yang sangat membludak.

Dikatakan bahwa calon mahasiswa perlu mengikuti prosedur registrasi setelah dinyatakan diterima di Prodi Kedokteran ITS. Peserta diwajibkan menjalani tes kesehatan pada 9–10 Agustus 2023.

"Peserta yang lolos tes kesehatan wajib melakukan pendaftaran ulang pada 10–12 Agustus 2023," ujarnya, dikutip dari laman ITS.

Unggul juga mengungkapkan bahwa calon mahasiswa yang telah melengkapi rangkaian registrasi akan tetap menjalani rentetan kegiatan mahasiswa baru dengan jadwal tersendiri.

Seperti yang diketahui bahwa rangkaian kegiatan mahasiswa baru ITS tahun 2023 seperti Pelatihan Spiritual dan Kebangsaan (PSB), Pengukuhan Mahasiswa Baru, dan lain sebagainya sudah dilaksanakan lebih dulu.

"Tak perlu takut, mahasiswa baru Kedokteran ini akan mendapat porsi yang sama seperti mahasiswa baru lainnya," tuturnya.

Ia berharap agar seluruh calon mahasiswa yang berhasil dinyatakan lolos untuk selalu mengikuti proses daftar ulang dan rangkaian kegiatan yang ada sesuai jadwal yang telah ditentukan.

"Dengan pembukaan prodi baru ini, harapannya ITS dapat melahirkan lulusan dokter yang berkualitas dan inovatif bagi Indonesia," harapnya.

Baca juga: 5 Cara agar Lulus Kuliah Tepat Waktu, Mahasiswa Cek

Prodi Kedokteran ITS berada di bawah Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com