Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paduan Suara Asal Bandung Menang pada Ajang Internasional di Tokyo

Kompas.com - 03/08/2023, 17:41 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Grup paduan suara Saint Angela Choir berhasil meraih prestasi dengan memenangkan Grand Prix di 5th Tokyo International Choir Competition atau TICC ke-5 tahun 2023.

Dilansir dalam keterangan resminya yang diperoleh Kompas.com, pada Selasa (1/8/2023) memberitahukan, grup paduan suara asal Bandung ini menjadi juara setelah diumumkan oleh Direktur Artistik TICC, Ko Matsushita di Dai-ichi Seimei Hall, Tokyo, pada 30 Juli 2023.

Dalam kompetisi internasional ini, Saint Angela Choir banyak memenangkan kategori lomba. Pertama, mereka berpartisipasi dalam kategori Folklore Music dan yang kedua kategori A-2 Children’s Choir (usia 18 tahun ke bawah).

Baca juga: Kisah Yubita, Mahasiswa Disabilitas Gapai Kuliah Gratis di UGM

Saint Angela Choir meraih peringkat kedua di kategori Folklore Music dan berhasil meraih peringkat pertama di kategori A-2 Children’s Choir.

Secara otomatis, Saint Angela Choir berhak untuk bersaing dalam kompetisi Grand Prix.

Grand Prix merupakan kompetisi puncak yang melibatkan para pemenang dari setiap kategori dalam TICC 2023.

Selain itu, Saint Angela Choir juga mendapatkan penghargaan untuk interpretasi terbaik lagu wajib di kategori A-2 Children’s Choir, yakni dalam membawakan lagu “The Rainbow” (komposisi Akane Nakanishi).

Perjalanan penuh syukur ini dimulai sejak Januari 2023, dengan latihan yang intens dan dedikasi dari seluruh anggota di bawah bimbingan Roni Sugiarto (konduktor) dan Nicholas Rio (pianis).

Baca juga: 4 Jenis Beasiswa Unggulan 2023 Kemendikbud, Kuliah Gratis S1-S3

Sebagai paduan suara yang berbasis di Sekolah Santa Angela Bandung, salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah pengaturan waktu dan energi.

Dalam prosesnya, seluruh anggota bersama-sama belajar dan berkembang dalam mengatur waktu dan energi secara efektif antara tugas akademis dan latihan paduan suara untuk memastikan keduanya mendapat perhatian dan komitmen yang tepat.

Proses latihan yang dilalui terbagi menjadi latihan umum yang melibatkan seluruh anggota paduan suara dan latihan menurut bagian suara.

Di samping itu, seluruh anggota juga mendapat pelatihan dinamika kelompok untuk membangun sinergi antar anggota Saint Angela Choir.

Sebelum keberangkatan ke Jepang, Saint Angela Choir juga menggelar pre-competition concert pada 8 Juli 2023 dengan tajuk "Songs of Gratitude" yang menjadi tema utama sepanjang persiapan kompetisi.

Tema tersebut diangkat dengan harapan agar perjalanan ini tidak sekadar menjadi perjalanan untuk mencari kemenangan.

Namun juga menjadi perjalanan yang menghadirkan syukur besar atas talenta dan kesempatan baik, juga atas proses bertumbuh dan berkembang bersama sebagai satu Saint Angela Choir.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com