Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Negara Paling Kompetitif di Dunia 2023, Indonesia Salip Jepang

Kompas.com - 03/08/2023, 10:55 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Hasil riset World Competitiveness Ranking 2023 yang dilakukan oleh Institute for Management Development (IMD) Swiss dan Lembaga Management Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) mendapati, peringkat daya saing Indonesia tahun 2023 berada di posisi ke-34 dari total 64 negara di seluruh dunia.

Posisi ini membuat Indonesia melampaui beberapa negara di Asia Pasifik seperti Jepang yang berada di posisi 35, India di posisi 40, dan Filipina di posisi 52.

Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan dari posisi tahun 2022 yang hanya menempati posisi ke-44.

Baca juga: Riset: Perusahaan Semakin Utamakan Skill Ketimbang Kualifikasi di CV

Untuk posisi 10 besar, negara dengan daya saing tertinggi dalam World Competitiveness Ranking 2023 ialah Denmark pada peringkat satu, dilanjutkan dengan Irlandia, Swiss, Singapura, Belanda, Taiwan, Hong Kong SAR, Swedia, Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab.

Managing Director LM FEB UI, Willem Makaliwe mengatakan kegiatan riset di Indonesia dilakukan oleh Lembaga Management FEB UI dan Nu PMK yang bertindak sebagai mitra IMD di Indonesia.

"LM FEB UI sudah 6 tahun terakhir menjadi global partner dari IMD. Mereka (IMD) rutin dari 1997 dan publish setiap tahun untuk 64 negara, termasuk negara maju seperti Amerika Serikat, China dan juga negara-negara berkembang," ujar Willem dalam media briefing yang digelar Rabu (2/8/2023) di Jakarta.

Hasil penilaian peringkat daya saing ini, lanjut dia, didasarkan pada analisis data kinerja perekonomian Indonesia sampai dengan 2022 serta penilaian para pelaku usaha terkait persepsi kondisi lingkungan bisnis yang dihadapi.

Sementara, metode penilaian daya saing didasarkan dari penilaian 4 komponen, yakni kinerja perekonomian, efisiensi pemerintahan, efisiensi bisnis dan infrastruktur.

Baca juga: Rektor Binus: Pintar Saja Tidak Cukup, Mahasiswa Harus Punya Skill dan Karakter

Kinerja perekonomian meningkat paling tinggi

Komponen yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah kinerja perekonomian dan efisiensi bisnis.

Peringkat kinerja perekonomian mengalami kenaikan dari yang sebelumnya berada di posisi 42 menjadi 29 di 2023, naik sebesar 13 peringkat.

Faktor yang menjadi kekuatan pada komponen ini meliputi pertumbuhan PDB, kestabilan harga BBM, serta pertumbuhan ekspor dan investasi.

Sementara, kelemahan pada komponen ini adalah menurunnya lapangan pekerjaan di Indonesia.

Pada komponen efisiensi bisnis, Indonesia berada di peringkat ke 20 pada 2023 dari yang
asalnya 31 di tahun sebelumnya.

Peningkatan yang juga terbilang tinggi, dengan jumlah kenaikan 11 peringkat.

Pada komponen ini, faktor yang menjadi kekuatan adalah pada pertumbuhan angkatan kerja, remunerasi profesional, tingkat produktivitas tenaga kerja, serta akses pada layanan keuangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com