Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran Prodi Kedokteran Unnes Dibuka 1-10 Agustus 2023

Kompas.com - 31/07/2023, 16:25 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unnes

KOMPAS.com - Siapa yang tertarik untuk menjadi dokter? Jika berminat, maka bisa mencoba dafar Prodi Kedokteran Universitas Negeri Semarang (Unnes) semester gasal 2023/2024.

Adapun dibukanya pendaftaran prodi ini seiring dengan turunnya rekomendasi dari Kementerian Kesehatan dan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

Serta telah dilakukannya sidang majelis Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) tentang akreditasi minimal Prodi Kedokteran Unnes.

Dilansir dari laman Unnes, Senin (31/7/2023), Dekan Fakultas Kedokteran Unnes Prof. Dr. Mahalul Azam, M.Kes., memberikan penjelasan.

Baca juga: 7 Cara Belajar Efektif bagi Pelajar dan Mahasiswa

Menurutnya, rekomendasi Kementerian Kesehatan telah diterima pada 20 Juni 2022 dan rekomendasi KKI telah diterima Januari 2023. Sedang visitasi akreditasi LAM-PTKes telah dilakukan pada 5 Juli 2023.

Bagi yang tertarik daftar mahasiswa baru Prodi Kedokteran, maka pendaftaran akan dibuka pada 1-10 Agustus 2023 secara daring di laman unnes.ac.id/admission.

Dijelaskan, persiapan Prodi Kedokteran telah dilakukan sejak 2019. Namun secara intensif mulai dilakukan tahun 2021.

Selain melengkapi persyaratan administratif yang ketat, Unnes juga menyiapkan sarana dan prasarana perkuliahan, antara lain tenaga pengajar, ruang kelas, dan sejumlah laboratorium.

Tak hanya itu saja, Unnes juga bekerja sama dengan RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus sebagai rumah sakit pendidikan.

Guna memastikan persiapan kuliah, Unnes juga telah menyiapkan 12 laboratorium sesuai standar, seperti Lab. Histologi, Lab. Patologi Klinis, Lab. Patologi Anatomi, Lab. Parasitology, Lab. Microbiologi, Lab. Anatomy, Lab. Fisiologi, Lab. CBT, Skill Laboratorium, Objective Structured Clinical Examination (OSCE), Lab. Farmakologi, dan Lab. Biokimia.

"Total kita sudah memiliki 51 dosen, 32 merupakan dosen tetap dan lainnya merupakan dosen dokter pendidik klinis," jelasnya.

Adapun Fakultas Kedokteran Unnes bakal menempati kampus Unnes di Jalan Kelud. Kampus yang dulu digunakan sebagai kampus Sekolah Pascasarjana (SPs) itu dinilai representatif karena memiliki fasilitas modern dan lengkap.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 5 Dampak Buruk Kurang Olahraga

Prof. Azam menambahkan, Prodi Kedokteran Unnes memiliki visi yang khas karena didesain untuk menghasilkan dokter unggul yang siap mengabdi di daerah Tertinggal, Terluar, dan Terdepan (3T) dengan semangat wawasan konservasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com