Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kampus Top Versi UNS Jawametrik 2023, Ada UI, ISI Yogya dan Leiden

Kompas.com - 26/07/2023, 12:05 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Ada 10 kampus top yang berhasil masuk daftar TOP 10 Institution UNS Jawametrik 2023.

10 kampus ini mendapat penghargaan dari Pusat Unggulan Ipteks (PUI) Javanologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta karena berhasil mengembangkan dan melestarikan budaya Jawa.

Plt. Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, menyampaikan bahwa pemeringkatan UNS Jawametrik ini disusun PUI Javanologi UNS.

Baca juga: 7 Kampus Akreditasi Unggul di Yogyakarta, Ada UGM, UII, dan UMY

Pemeringkatan ini merupakan sistem yang mampu menghubungkan satu institusi dengan institusi lain guna pengembangan budaya Jawa.

"Adanya Jawametrik sesuai dengan cita-cita luhur UNS yaitu menjadi pusat ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang unggul secara internasional yang tetap menjunjung nilai-nilai luhur budaya bangsa. Selain itu, UNS Jawametrik bukan hanya sekadar pemberian pemeringkatan. Namun, juga memberikan informasi terkait pengembangan budaya Jawa," papar Prof. Kuncoro, dilansir dari laman UNS.

Ia mengatakan basis data Jawametrik juga dapat menyimpan dan menginformasikan berbagai hal di seluruh dunia yang terkait budaya Jawa. "Sehingga memungkinkan untuk saling terhubung dan berkolaborasi," tambahnya.

Ketua UNS Jawametrik 2023, Ir. Ary Setyawan, mengatakan bahwa UNS Jawametrik digelar sebagai model pemeringkatan kepada institusi dalam dan luar negeri yang konsisten dalam mengembangkan dan melestarikan budaya Jawa.

"Sistem metrik ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang berbagai institusi di seluruh dunia yang mengembangkan kepeduliannya terhadap budaya Jawa," kata dia. 

Baca juga: Beasiswa S1 dari FIF Group, Dapat Rp 9 Juta dan Peluang Jadi Karyawan

UNS Jawametrik merupakan model pemeringkatan berbasis IT yang dirancang dengan cermat dan memadai untuk memberikan informasi akurat tentang institusi atau lembaga pengembang dan penangkar budaya Jawa di dalam dan luar negeri.

"Basis data dan informasi yang berasal dari UNS Jawametrik akan menginformasikan tentang pusat kegiatan dan riset, acara budaya, sumber daya, kepakaran, serta artefak budaya Jawa di seluruh dunia yang memungkinkan lembaga-lembaga tersebut untuk terhubung dan berkolaborasi secara global," terang Ary Setyawan.

10 kampus terbaik versi UNS Jawametrik 2023

Sementara itu, TOP 10 peringkat terbaik UNS Jawametrik 2023 diantaranya:

1. Universitas Sebelas Maret

2. Universitas Negeri Surabaya

3. Universitas Negeri Semarang

4. Universitas Gadjah Mada

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com