Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad Gandeng Binus Buka Program Double Degree, Lulus S2 Dapat 2 Gelar

Kompas.com - 26/07/2023, 10:21 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Mahasiswa yang ingin melanjutkan jenjang S2 atau magister di Universitas Padjadjaran (Unpad) bisa memilih program magister double degree atau memiliki 2 gelar saat lulus S2.

Program Magister Gelar Ganda atau double degree ini merupakan kolaborasi antara Unpad dengan Binus University.

Program ini tersedia di Unpad untuk program studi Magister Ekonomi Terapan (FEB), Magister Perikanan (FPIK), dan Magister Konversi Laut (FPIK).

Sementara di Binus University, program gelar ganda akan dilaksanakan pada program studi Magister Manajemen Sistem Informatika dan Magister Teknik Informatika.

Baca juga: 9 Manfaat Ikut OSIS, Bisa Masuk PTN Tanpa Tes atau Dapat Beasiswa

Rektor Unpad, Prof. Rina Indiastuti mengatakan bahwa penawaran program gelar ganda ini bukan dengan membuka program studi baru, melainkan peminatan pada program studi yang sudah ada.

“Jadi dari program studi yang sudah ada, peminatannya atau programnya yang coba dikawinkan dengan program studi di Binus University,” jelas Rektor Unpad, dilansir dari laman Unpad saat peluncuran program ini bersama Rektor Binus University Prof. Harjanto Prabowo di ruang Executive Lounge, Gedung Rektorat Unpad, Selasa (25/7/2023).

Bagi Unpad, program gelar ganda berarti menambah kompetensi dari lulusan program studi yang dikolaborasikan tersebut.

Baca juga: 20 PTN dan PTS yang Punya Akreditasi Unggul, Mana Saja?

Program ini juga menjadi inovasi yang ditawarkan kepada semua mahasiswa yang ingin mengikuti program Double Degree tingkat Magister tanpa harus ke luar negeri.

“Niatan ini pada ujungnya adalah demi membangun kualitas sumber daya manusia Indonesia, menyongsong masa depan Indonesia yang saya yakin akan menjadi lebih baik,” kata Rektor.

3 program gelar ganda atau double degree

Sementara itu Rektor Binus University Prof. Harjanto Prabowo mengungkapkan bahwa program pendidikan tersebut ditawarkan untuk menghasilkan kompetensi yang kini sedang diperlukan.

Prof. Harjanto pun berharap, selain memberikan mahasiswa kompetensi, program ini juga dapat membuka peluang riset dan pengabdian pada masyarakat bersama. “Semoga ke depan program ini menjadi sesuatu yang bernilai tambah tinggi,” harapnya.

Adapun program gelar ganda yang ditawarkan, yaitu:

  • Magister Bisnis Digital
  • Magister Perikanan Bisnis Digital
  • Magister Teknologi Digital Kelautan.

Program Magister Bisnis Digital memadukan antara ilmu ekonomi terapan dan data sains di bidang teknologi informasi.

Baca juga: Rektor Binus: Pintar Saja Tidak Cukup, Mahasiswa Harus Punya Skill dan Karakter

Mahasiswa dapat mempelajari seluk-beluk machine learning, deep learning, Internet of Things, perspektif makro dan mikro ekonomi digital, serta kebijakan industri digital. Lulusan akan memperoleh gelar M.E. dan M.Kom.

Sementara program Magister Perikanan Bisnis Digital menawarkan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempelajari inovasi digital dalam konteks ekonomi industri perikanan serta bioekologi laut.

Program ini memadukan strategi bisnis dengan analisis data serta statistika. Lulusan program ini akan memperoleh gelar M.Kom., dan M.Pi.

Untuk Program Magister Teknologi Digital Kelautan berkaitan erat dengan isu perubahan iklim.

Mahasiswa akan diajak mendalami konsep transformasi digital, hukum konservasi laut internasional, kompleksitas biodiversitas laut, serta ekonomi konservasi.

Seluruh ilmu tersebut akan diterapkan dalam konteks manajemen risiko berbasis data, pengelolaan polusi, mitigasi perubahan iklim, dan penginderaan jarak jauh. Lulusan program ini akan memperoleh gelar M.Kel., dan M.Kom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com