Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KIP Kuliah 2023 untuk PTS Masih Dibuka, Bisa Kuliah Gratis

Kompas.com - 24/07/2023, 15:51 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang ingin mendaftar di perguruan tinggi swasta (PTS) namun terkendala biaya, bisa memanfaatkan program Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah 2023.

Jika dinyatakan lolos menjadi mahasiswa penerima KIP Kuliah 2023, kamu bisa kuliah gratis dan dapat uang saku.

Dilansir dari laman resmi KIP Kuliah, Senin (24/7/2023) pendaftaran KIP Kuliah 2023 untuk jalur mandiri PTS masih dibuka hingga 31 Oktober 2023 mendatang.

Jika berencana mendaftar di PTS menggunakan KIP Kuliah 2023, berikut syarat yang harus dipenuhi dan cara daftarnya.

Baca juga: Jardine UGM Scholarship 2023 Dibuka, Ada Biaya Hidup Selama 3 Tahun

Syarat daftar KIP Kuliah 2023 untuk PTS

Secara umum persyaratan penerima KIP Kuliah 2023 adalah sebagai berikut:

1. Penerima KIP Kuliah 2023 adalah siswa SMA, SMK, atau sederajat yang lulus pada tahun 2023, 2022 atau 2021.

2. Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan KIP, atau masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS atau menerima program bantuan sosial (PKH, PBI JK, BPNT atau memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi dibuktikan dengan surat keterangan pendapatan dari pejabat yang berwenang sesuai ketentuan.

3. Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP),
Masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima program bantuan sosial yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial seperti:

  • Bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH)
  • Bansos Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK)
  • Bansos Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)


Baca juga: Beasiswa bagi Mahasiswa UGM, Ada Uang Saku Rp 1,5 Juta Per Bulan

4. Masuk dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin maksimal pada desil 3 (tiga) Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang ditetapkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

5. Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan.

Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 4 kriteria tersebut, kamu tetap bisa mendaftar KIP Kuliah 2023 selama memenuhi persyaratan miskin/rentan miskin sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan:

  • Bukti pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp 4 juta setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp 750.000.
  • Bukti keluarga miskin dalam bentuk Surat Keterangan Penghasilan dengan mencantumkan tertulis keterangan pendapatan kotor gabungan orangtua/wali, yang dikeluarkan dan dilegalisasi oleh pemerintah, minimum tingkat desa/kelurahan untuk menyatakan kondisi suatu keluarga yang termasuk golongan miskin atau tidak mampu.

Untuk pendaftaran KIP Kuliah 2023 untuk PTS bisa dilakukan secara online melalui laman KIP Kuliah Merdeka Kemendikbud, yaitu https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Baca juga: 10 Besar Universitas Terbaik di Dunia, Nomor 8 dari Asia

Setelah mendaftar program KIP Kuliah 2023, untuk tahapan verifikasi kelayakan, wawancara hingga dinyatakan lolos tergantung kebijakan yang disampaikan masing-masing PTS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com