Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Atasi Anak Menangis dan Rewel di Hari Pertama Sekolah

Kompas.com - 16/07/2023, 13:29 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Hari pertama sekolah biasanya diwarnai dengan tangisan anak-anak yang enggan ditinggal orangtuanya. Biasanya, momen anak menangis dan rewel saat sekolah terjadi di jenjang PAUD, TK dan SD. 

Hal seperti ini seringkali membuat orangtua hilang kesabaran. Tidak sedikit orangtua yang bingung bagaimana cara mengatasinya.

Terutama saat anak baru masuk jenjang TK atau SD. Hari pertama sekolah yang diwarnai tangisan anak-anak, jangan dibuat beban bagi orangtua.

Beberapa sekolah, kadang memberi kesempatan pada orangtua agar menemani anak untuk beberapa hari.

Baca juga: 4 Larangan Selama MPLS 2023 Jenjang PAUD-SMA

Setelah itu, orangtua bisa mencari cara agar anak-anak tetap bersekolah tanpa harus menangis.

Jadi, bagaimana mengatasi anak menangis saat masuk PAUD, TK, SD di hari pertama sekolah?

5 cara mengatasi anak menangis di hari pertama sekolah

Untuk mengatasi permasalahan seperti tersebut di atas, berikut ini beberapa tips agar anak nyaman ketika pertama kali masuk sekolah dilansir dari laman Sekolah Integral SD Luqman Al-Hakim.

1. Coba ajak mengenal lingkungan sekolah

Sebelum masuk sekolah, ajaklah anak-anak mengenal sekolahnya kapanpun. Kenalkan apa itu sekolah yang dituju, seperti apa ruangannya, tempat untuk istirahat dan lain sebagainya.

Dengan demikian anak akan melihat dan mendengar hal-hal menarik yang dilakukan di sekolah tersebut. Sehingga memberikan kesan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan sekaligus juga membuatnya aman.

Baca juga: Apa Itu Profil Pelajar Pancasila? Kenali 6 Elemennya Saat MPLS

2. Jelaskan mengapa anak harus sekolah

Orangtua bisa menunjukkan video pembelajaran dan suasana sekolah. Hal ini lumayan mengurangi tangisan anak di hari pertama sekolah.

Bisa juga menyanyikan lagu mengenai senangnya bersekolah. Atau membuat cerita sebelum tidur dengan tema sekolah. Ini sebagai cara untuk mempersiapkan anak masuk sekolah.

3. Ajari kemandirian

Mengajarkan kemandirian membutuhkan ketelatenan. Setiap anak memiliki karakter dan ciri khas tersendiri. Mengajarkan kemandirian sedikit demi sedikit agar memiliki kepekaan mental dan emosi yang lebih terlatih.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com