Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Siswa Peraih Medali Olimpiade Biologi Internasional Gapai Beasiswa BIM

Kompas.com - 13/07/2023, 18:26 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Siswa Indonesia kembali menorehkan prestasi di kancah Internasional.

Kali ini, sebanyak empat orang siswa Indonesia berhasil meraih dua medali perak dan dua medali perunggu di ajang Olimpiade Biologi Internasional atau International Biology Olympiad (IBO) ke-34.

Baca juga: 30 Kampus Swasta dengan Status Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Acara itu diselenggarakan di Al Ain, Uni Emirat Arab.

Ke empat medali tersebut, dua medali perak diraih oleh Calvin Shevchenko dari SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya, dan Nicholas Sidik, siswa SMA Methodist 2 Medan.

Sedangkan dua medali perunggu diraih oleh Nakeisha Jovita Purnomo yang berasal dari SMAK Penabur Gading Serpong dan Mariel Chrysantha Tampubolon, siswa SMAN 2 Kota Tangerang Selatan.

Staf Ahli Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin menyambut kedatangan para siswa yang mengharumkan nama Indonesia tersebut di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Di hadapan para siswa berprestasi, Tatang menyampaikan rasa bangga atas raihan yang dicapai.

"Atas nama Kemendikbud Ristek kami sangat bangga kepada adik-adik yang telah mengikuti Olimpiade Biologi Internasional dan mendapatkan dua medali perak serta dua medali perunggu. Tentu ini menjadi kebanggaan nasional dan akan menjadi inspirasi bagi siswa-siswa lainnya untuk terus berprestasi," kata dia dalam keterangannya, Kamis (13/7/2023).

Sebagai bentuk apresiasi pemerintah, Tatang menyampaikan bahwa Kemendikbud Ristek telah memiliki Sistem Informasi Manajemen Talenta (SIMT).

Sistem tersebut akan berisikan informasi tentang siswa berprestasi dan dapat dijadikan referensi untuk dapat mengikuti seleksi Beasiswa Indonesia Maju (BIM) atas prestasi yang telah diraih.

Baca juga: Kemendikbud Beri 5 Rekomendasi ke Pemda akibat PPDB Zonasi Bermasalah

Senada dengan Tatang, pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Ristek, Hendarman mengapresiasi para siswa peraih medali dalam IBO.

Dia juga berharap agar capaian dari para siswa peraih medali tersebut dapat menginspirasi anak-anak Indonesia lainnya.

Sebagai bentuk dukungan, Hendarman menyampaikan bahwa dari keempat peraih medali, tiga di antaranya sudah termasuk penerima Beasiswa Indonesia Maju.

Sedangkan satu siswa yang belum masuk BIM masih berada di kelas XI sehingga belum bisa mengikuti proses BIM, selanjutnya akan mengikuti proses BIM saat di kelas XII.

Baca juga: 5 Jurusan yang Sedikit Peminat tapi Peluang Kerja Besar

"Satu di antara mereka yaitu Mariel Chrysantha Tampubolon akan berangkat ke University of California San Diego, Amerika Serikat, pada September tahun ini. Jadi ini merupakan bukti bahwa Kemendikbud Ristek merekrut siswa berprestasi untuk mendapatkan kesempatan melanjutkan pendidikan tinggi melalui BIM," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com