Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alumnus SMA Muhi Yogya Dapat Beasiswa Rp 1 Miliar dari UAD

Kompas.com - 11/07/2023, 15:11 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Menggapai cita-cita bisa diraih dengan berbagai cara. Terlebih bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di Kedokteran pasti akan mendapat jalan.

Salah satunya dengan mencari beasiswa kuliah dari perguruan tinggi yang membuka pendaftaran di Fakultas Kedokteran.

Seperti Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Kampus ini memberikan beasiswa sebesar Rp 1 miliar kepada siswa yang beruntung.

Adapun siswa yang beruntung mendapatkan beasiswa itu ialah salah satu alumnus SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (SMA Muhi Jogja), Syaldan Bayu Yuska.

Baca juga: UAD Bantu Beasiswa dan Pembuatan Sumur Bor bagi Warga Terdampak Gempa Cianjur

Menurut Rektor UAD, Dr. Muchlas, M.T., pemberian beasiswa ini untuk membantu akses terhadap anak berprestasi dalam menggapai cita-cita yang ingin diraih.

Hal itu disampailkan Muchlas saat memberikan sambutan dalam acara Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA) Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa (FORTASI) IPM pada Senin (10/7/2023).

Dikatakan, pemberian beasiswa itu selain untuk menggapai cita-cita yang ingin diraih, melanjutkan pendidikan di UAD juga untuk memperluas wawasan tentang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

"Beasiswa yang kami berikan ini kepada Ananda Syaldan Bayu Yuska, alumnus SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta adalah sebesar 1 miliar rupiah untuk digunakan menempuh studi di Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran UAD," jelas Muchlas dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, adanya pemberian beasiswa tersebut juga sebagai ajang mempromosikan kampus UAD kepada alumni SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang ingin melanjutkan pendidikannya.

Baca juga: Warek UAD: Mahasiswa Perlu Rencanakan Masa Depan dengan Plan A-Z

Meski demikian, Muchlas membeberkan setiap beasiswa yang akan diberikan harus melalui proses seleksi yang sangat ketat hingga menemukan seseorang yang layak untuk diberikan.

"Tapi ini sangat kompetitif. Perlu saya sampaikan bahwa beasiswa ini memiliki 500 lebih pendaftar. Setelah diperas kemudian diperas lagi, muncullah perwakilan dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta untuk kami berikan beasiswa," jelas dia.

Tentu, Rektor UAD berharap adanya beasiswa sebanyak Rp 1 miliar ini dapat menjadi motivasi bagi siswa SMA Muhi Jogja untuk terus berkembang.

Sehingga, hal tersebut dapat menjadi potensi setiap siswa untuk ke depannya juga bisa mendapatkan beasiswa yang sama.

"Kami akan sampaikan kepada SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dan mudah-mudahan adik-adik ini nanti di 3 tahun mendatang bisa memperoleh hal yang sama," jelasnya.

Tentu, calon mahasiswa UAD bisa kuliah dengan memanfaatkan beasiswa yang ada. Ia membeberkan terdapat berbagai macam beasiswa yang bisa didapatkan di UAD, diantaranya:

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com