Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalbis Institute Gandeng Mari Institute Gelar Pelatihan Tingkatkan Kemampuan "Public Speaking"

Kompas.com - 27/06/2023, 17:31 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kalbis Institute dan Mari Institute menggelar pelatihan dan seminar sertifikasi “Becoming a TV Host” pada 26 Juni 2023 di Menara Imperium, Lt. 3. Kuningan, Jakarta Selatan.

Acara yang diikuti mahasiswa Ilmu Komunikasi Kalbis Angkatan 2021-2022 ini bertujuan meningkatkan soft skill mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Kalbis institute pada bidang public speaking.

Raymond Christantyo, Head of Recruitment Admission and Communication Kalbis Institute melalui rilis resmi (27/6/2023) menjelaskan, pelatihan dan seminar sertifikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan Kalbis Institute di dunia kerja dan wirausaha.

“Kalbis Institute berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan berbagai industri melalui program pelatihan dan sertifikasi agar mahasiswa kami mampu lulus dengan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri ataupun juga mereka mampu menambah soft skill mereka untuk bisa berkembang menjadi seorang wirausaha,” jelasnya.

Dhana Rahmatesa, Corporate Communication Mari Institute mengungkapkan,”Kegiatan dan seminar sertifikasi ini diadaptasi dari empat pilar yang menjadi visi Mari institute." Keempat pilar dimaksud meliputi mengedukasi materi broadcasting, public speaking, social media, dan creative komunikasi.

"Kegiatan bertujuan membagikan beragam ilmu dan pengalaman baru agar meningkatkan perkembangan skill, juga menumbuhkan passion yang baik sebagai bekal kesiapan kerja atau magang Mahasiswa Kalbis Institute,” lanjutnya.

Menguatkan soft skill mahasiswa

Kegiatan seminar dan pelatihan menghadirkan  Caesar Gunawan, Penyiar Radio JAK Fm dan Presenter Entertainment News NET TV yang berbagi pengalaman dan ilmu public speaking dan menjadi TV Host.

Tak hanya itu, mahasiswa juga diberikan tantangan untuk praktik menjadi MC yang dinilai langsung oleh pembicara dan acara diakhiri dengan radio tour di kantor Mari Institute yang bertujuan untuk pengenalan singkat cara menggunakan alat–alat penunjang di studio radio.

“Memiliki kemampuan public speaking yang baik di zaman sekarang itu penting. Selain sudah menjadi basic skill yang harus dimiliki, ada banyak manfaat lainnya yaitu mahasiswa dapat memiliki kepercayaan diri yang baik, mampu menyampaikan pesan melalui tutur kata yang efektif, mudah dipahami, serta dapat diterima dengan baik oleh pendengar," jelas Caesar.

"Jadi seminar ini tentunya sangat berguna serta bermanfaat untuk mahasiswa Kalbis Institute,” lanjut Caesar Gunawan.

Raymond Christantyo menyampaikan, pihaknya dan Mari Institute berharap melaui kolaborasi seminar sertifikasi ini bisa menjadi program jangka panjang agar para mahasiswa tetap mengenal radio sebagai wadah informasi yang masih up to date.

Baca juga: Dukung Sustainability, PT Intera Lestari Polimer Jadi Perusahaan Tanah Air Pertama yang Meraih Sertifikasi SNI Ekolabel

"Dan mereka dapat termotivasi serta mendapatkan wawasan, pengalaman yang baru sehingga menumbuhkan semangat juga rasa percaya diri untuk menekuni bidang dan skill yang mereka sukai," tutup Raymond.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com