Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Prodi UB Ini Paling Banyak Diincar Saat Ajang UTBK SNBT 2023

Kompas.com - 22/06/2023, 18:30 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Program studi (Prodi) Psikologi dan Kedokteran menjadi peminat terbanyak di Universitas Brawijaya (UB) pada jalur UTBK SNBT 2023 pada rumpun Saintek dan Soshum.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Imam Santoso mengaku, sebanyak 62.327 siswa mendaftar UTBK SNBT di UB pada tahun ini.

Baca juga: 10 SMA Jakarta yang Masuk Daftar Sekolah Terbaik Se-Indonesia

Hal ini membuat UB menjadi perguruan tinggi dengan pendaftar terbanyak di Indonesia.

Untuk saintek jumlah peminat dari Prodi Kedokteran sebanyak 3.305, disusul Teknik Informatika sebanyak 2.312, dan Sistem Informasi sebanyak 1.498.

"Sedangkan untuk Sosial Humaniora Prodi Psikologi menempati posisi pertama dengan jumlah peminat sebanyak 3.248, diikuti Prodi Ilmu Hukum sebanyak 3156, dan Manajemen sebanyak 2.308," kata dia dalam keterangannya mengutip laman UB, Kamis (22/6/2023).

Prof. Imam menambahkan, dari sisi keketatan, Prodi Kedokteran dan Psikologi mempunyai peluang siswa yang diterima hanya tiga persen dari jumlah peminat.

Ditambah lagi, sebut dia, Prodi Kedokteran skornya paling tinggi selain dari keketatannya grade nilainya juga paling tinggi.

"Farmasi yang diterima tiga persen tapi nilainya tidak setinggi Prodi Kedokteran," ujar dia.

Baca juga: Sekolah Gratis di SMA/SMK Swasta, Cek Syarat PPDB Bersama Jakarta 2023

Setelah pengumuman SNBT, siswa yang lolos diharuskan melakukan daftar ulang dengan mengisi dokumen-dokumen yang dibutuhkan terkait penentuan UKT.

"UB termasuk salah satu perguruan tinggi yang memperhatikan betul kondisi orang tua, UKT golongan 1-8 tiap fakultas bervariasi sesuai dengan kemampuan ekonomi masing-masing," ungkap dia.

Prof. Imam menambahkan, pada SNBT kali ini jumlah kuota yang ditetapkan UB untuk semua jalur adalah 30 persen (SNBP), 30 persen (SNBT), dan 40 persen (Mandiri).

Jika nanti ada siswa yang tidak daftar ulang, lanjut dia, maka kuotanya akan dilimpahkan pada jalur lainnya.

Misalnya kuota siswa yang tidak daftar ulang pada SNBP akan dilimpahkan pada jalur SNBT.

Baca juga: Jalur Mandiri UB 2023 Dibuka, Bisa Pakai Nilai Rapor dan UTBK 2023

"Begitu juga siswa yang tidak daftar ulang pada jalur UTBK SNBT, kuotanya akan dilimpahkan pada jalur mandiri," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com