Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa JFLS 2023 bagi D3-S3: Ini Jadwal, Syarat dan Cara Daftar

Kompas.com - 27/05/2023, 06:50 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beasiswa JFLS atau Jabar Future Leaders Scholarship 2023 merupakan bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa Jawa Barat di jenjang D3, D4, S1, S2 hingga S3.

Beasiswa JFLS merupakan program bantuan biaya pendidikan tinggi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan untuk masyarakat Jawa Barat yang sedang menempuh pendidikan jenjang D3, D4, S1, S2, atau S3 yang berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik.

Program ini diperuntukan bagi masyarakat yang berada di Jawa Barat dan berkuliah di Perguruan Tinggi yang bekerjasama dengan pemerintah provinsi Jawa Barat.

Pemberian beasiswa ini bertujuan untuk menyiapkan generasi muda Jawa Barat sebagai calon pemimpin di masa depan yang memiliki jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan.

Baca juga: 4 Jalur Mandiri UNS 2023 Dibuka Serentak, Daftar di spmb.uns.ac.id

Setiap mahasiswa nantinya akan menerima manfaat berupa bantuan biaya pendidikan serta program pendampingan di setiap tahunnya.

Mahasiswa yang membutuhkan bantuan biaya pendidikan, bisa memanfaatkan beasiswa JFLS ini. Oleh karena itu, jadwal pendaftaran beasiswa JFLS ini perlu diketahui para pejuang beasiswa.

Melansir laman resmi beasiswa JFLS Provinsi Jabar, Jumat (26/5/2023) berikut jadwal pelaksanaan beasiswa JFLS 2023, syarat hingga benefit yang bisa diterima.

Jadwal beasiswa JFLS 2023

  • Sosialisasi: 1 April hingga 23 Juli 2023
  • Pendaftaran: 23 Juni-23 Juli 2023
  • Seleksi administrasi: 24 Juli-4 Agustus 2023
  • Verifikasi perguruan: 5 Agustus-10 Agustus 2023
  • Seleksi pemprov Jabar: 11 Agustus-16 Agustus
  • Pengumuman penerima beasiswa: 19 Agustus 2023
  • Launching & sharing: 19 Agustus 2023
  • Pencairan: 17 Oktober-31 Oktober 2023

Kriteria mahasiswa penerima Jabar Future Leaders Scholarship 2023 adalah sebagai berikut :

1. Merupakan warga Jawa Barat, dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

2. Berusia maksimal 25 tahun bagi pendaftar jenjang D3 dan D4/S1.

3. Berusia maksimal 35 tahun bagi pendaftar jenjang S2.

4. Berusia maksimal 40 tahun bagi pendaftar jenjang S3.

Baca juga: Beasiswa LPDP 2023 Tahap 2: 5 Komponen Pembiayaan Ini Tidak Ditanggung

Cara daftar beasiswa JFLS

Mahasiswa asal Jawa Barat yang ingin mendaftar beasiswa JFLS 2023 perlu tahu cara daftarnya. Simak informasinya:

1. Silakan membuat akun di halaman pendaftaran https://beasiswa-jfl.jabarprov.go.id/

2. Setelah login, dapat mengisi biodata dan melengkapi persyaratan yang diperlukan sesuai tujuan Beasiswa Pendidikannya.

3. Setelah mengisi dan melengkapi persyaratannya silakan pastikan kembali tidak ada bagian yang terlewat dan semua berkas yang diunggah telah sesuai.

4. Silakan menunggu proses seleksi administrasi, verifikasi Perguruan Tinggi dan seleksi Pemprov Jabar.

Mahasiswa yang lolos beasiswa ini akan mendapatkan bantuan pendidikan dengan durasi yang berbeda-beda, yakni:

  • Beasiswa Pendidikan D4/S1 Penuh (4 tahun) terdiri dari biaya kuliah dan dana penunjang pendidikan (apabila ada sisa dana dari hasil pengurangan biaya kuliah).
  • Beasiswa Pendidikan S2 (2 tahun) dan Beasiswa Pendidikan S3 (4 Tahun) terdiri dari bantuan biaya kuliah dan dana penunjang pendidikan (apabila ada sisa dana dari hasil pengurangan biaya kuliah).
  • Beasiswa Pendidikan D3 PSDKU (3 tahun) terdiri dari biaya kuliah dan dana penunjang pendidikan (apabila ada sisa dana dari hasil pengurangan biaya kuliah).
  • Beasiswa Pendidikan D4/S1 PSDKU (4 tahun) terdiri dari biaya kuliah dan dana penunjang pendidikan (apabila ada sisa dana dari hasil pengurangan biaya kuliah).
  • Beasiswa Pendidikan D3/D4/S1 Percepatan Akses Pendidikan Tinggi (1 tahun) berupa dana penunjang pendidikan diberikan satu kali.
  • Beasiswa Pendidikan D3/D4/S1 Prestasi Non-Akademik (1 tahun) berupa dana penunjang pendidikan diberikan satu kali.
  • Beasiswa Pendidikan D4/S1 Penuh, D3/D4 PSDKU, S2, dan S3 merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru tahun 2023.
  • Beasiswa Pendidikan D3/D4/S1 Percepatan Akses Pendidikan Tinggi (1 tahun) dan Beasiswa Pendidikan D3/D4/S1 Non-Akademik (1 tahun) dapat didaftarkan oleh mahasiswa baru tahun 2023 atau mahasiswa aktif (on-going).

Baca juga: Beasiswa LPDP 2023 Tahap 2 Dibuka 9 Juni, Catat Syarat dan Jadwalnya

Demikian informasi mengenai beasiswa JFLS 2023 yang perlu diketahui mahasiswa Jawa Barat. Untuk informasi lengkap mengenai beasiswa JFLS 2023 bisa dibaca di laman ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com