Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMN, GMLS, dan UD Flow Stories Inisiasi Edukasi Mitigasi Bencana lewat Dongeng

Kompas.com - 26/05/2023, 18:30 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Gugus Mitigasi Lebak Selatan (GMLS), dan ID Flow Stories mengajak guru TK dan SD Bayah untuk mempersiapkan mitigasi bencana anak-anak melalui dongeng pada Senin, 15 Mei 2023.

Lokakarya mendongeng bertajuk "Hayu Urang Ngadongeng" merupakan bagian dari Festival Dongeng Rekan Mitigasi (Festival Doremi) dan bertujuan mengajak guru mengemas informasi mengenai mitigasi kepada siswa dengan cara menarik dan tidak menakutkan melalui dongeng.

Dalam Lokakarya Hayu Urang Ngadongeng, para guru SD dan TK diajak memahami serta menyebarkan mitigasi bencana dengan cara mendongeng kepada anak-anak.

Sekretaris Prodi Ilmu Komunikasi UMN Irwan Fakhrudin menyampaikan materi terkait mitigasi bencana dan komunikasi bencana. Acara dilanjutkan dengan materi simulasi pembacaan dongeng oleh Kak Resha, Founder ID Flow Stories melalui tiga buku dongeng dengan judul Urug, Lini, dan Caah Laut.

Kemudian para guru diajak mengikuti rangkaian lomba mendongeng sebagai pembukaan dari acara Festival Doremi sesuai dengan apa yang telah mereka pelajari di lokakarya tersebut.

Dari kolaborasi ini, baik guru maupun mahasiswa UMN dapat membangun sinergi untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bahaya gempa bumi dan tsunami di wilayah pesisir Lebak dan wilayah rawan bahaya lain yang tersebar di seluruh Indonesia melalui kegiatan mendongeng.

Ketua dari Gugus Mitigasi Lebak Selatan Abah Lala mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para guru TK dan SD karena bersifat berkelanjutan sehingga para guru mampu berlatih mitigasi bencana melalui dongeng.

“Lagi-lagi mahasiswa UMN membuat saya bangga dan saya kembali terima kasih atas antusias guru dalam mengikuti acara Hayu Urang Ngadongeng. Semoga yang diharapkan baik oleh GMLS dan UMN mampu tercapai.” tambah Abah Lala.

Founder ID Flow Stories Resha Rashtrapatiji menambahkan, acara yang diinisiasi mahasiswa UMN sangat bermanfaat untuk ruang pendidikan anak usia dini.

"Karena dengan melibatkan guru-guru paud dan SD, pesan-pesan tentang mitigasi kebencanaan dapat disampaikan dengan cara yang menyenangkan melalui mendongeng di sekolah. Antusiasme peserta juga luar biasa dan panitianya oke banget,” tambah Resha.

Wakil Ketua MBKM Proyek Kemanusiaan UMN Irwan Fakhrudin melengkapi, event ini bisa menjadi pembelajaran bagi mahasiswa magang untuk bisa mengaplikasikan ilmu komunikasi.

Sehingga aktivitas komunikasi mampu mengedukasi, memberikan kesadaran dan penyadar tahuan akan topik-topik terkait sains agar lebih membumi dan bisa melekat di benak audiens untuk waktu cukup lama.

“Diharapkan peserta yang merupakan guru-guru dari paud, SD, dan SMA untuk menjadi komunikator kebencanaan yang bisa menyampaikan risiko bencana kepada anak. Lalu karena ini adalah lokakarya, diharapkan mereka bisa menyelenggarakan event kecil serupa,” ujar Irwan.

Lokakarya dan lomba mendongeng yang diselenggarakan ini juga diharapkan oleh Ketua Hayu Urang Ngadongeng dan Doremi Marcellina Tjahya dan Siti Aisyah Nur Hiddayah dapat benar-benar bermanfaat menambah pengetahuan dan pengurangan risiko bencana di wilayah tersebut.

“Lokakarya Hayu Urang Ngadongeng ini diharapkan bisa menjadi wadah untuk saling belajar dan berbagi informasi mengenai mitigasi, serta menekankan bahwa dongeng dapat digunakan sebagai alat penyampaian mitigasi yang baik untuk terciptanya lingkungan yang sadar mitigasi,” tutup Marcellina.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com