Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UIN Raden Intan Lampung Luluskan Doktor Non-Muslim Pertama, Ini Sosoknya

Kompas.com - 16/05/2023, 08:49 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Momen unik terekam saat Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) melaksanakan wisuda.

Sebab kali pertama UIN Raden Intan Lampung meluluskan wisudawan non-muslim.

Wisudawan tersebut adalah Dr. Donald Harris Sihotang dari Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI). 

Dia merupakan mahasiswa Program Doktor Pascasarjana yang dikukuhkan menjadi doktor non muslim pertama UIN RIL pada Sidang Senat Terbuka Wisuda Periode II Tahun 2023, Sabtu (13/05/2023).

Rektor UIN RIL Prof Wan Jamaluddin menyebutkan momen ini membuktikan jika UIN RIL merupakan perguruan tinggi Islam yang inklusif dan terbuka.

"Ini adalah untuk pertama kalinya UIN RIL meluluskan wisudawan dari kalangan non muslim. Selamat, Anda menjadi bukti bahwa UIN RIL adalah perguruan tinggi Islam yang inklusif, terbuka kepada siapa saja pencinta ilmu tanpa memandang latar belakang suku bangsa dan sebagainya," kata dia dalam keterangan resminya dikutip Senin (16/5/2023).

Baca juga: Ini Aturan Rambut dan Kerudung di UTBK SNBT 2023 Gelombang 2

Prof. Wan melanjutkan, peristiwa ini menunjukkan bahwa secara keilmuan ilmu pengetahuan yang dipelajari dan dikembangkan di UIN RIL memiliki universalitas sebagaimana nilai keilmuan pada umumnya.

"Dengan kata lain keilmuan di UIN RIL tidaklah eksklusif melainkan dapat dipelajari oleh siapapun yang berniat mempelajarinya," kata Prof. Wan.

Seluruh wisudawan adalah orang-orang terpelajar, baik sebagai sarjana, magister, atau doktor.

Karena itu, dia meminta wisudawan memanfaatkan dan menggunakan posisi terhormat tersebut dengan sebaiknya, sesuai dengan kemampuan dan keahlian di bidang masing-masing.

"Alumni UIN RIL harus ikut aktif memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa sesuai dengan bidang kemampuannya. Alumni harus menumbuhkan kebaikan, memberikan contoh teladan, dan aktif membantu penyelesaian berbagai masalah yang terjadi," pesan dia.

Baca juga: 5 Makna Lambang Tut Wuri Handayani

Wisuda Periode II Tahun 2023 mewisuda 800 peserta. Terdiri dari 759 wisudawan Sarjana (S1), 36 wisudawan Magister (S2) dan 5 wisudawan program Doktor (S3). Semua wisudawan itu berasal dari 38 prodi di lingkungan UIN RIL.

Pada kesempatan itu, dia juga memberikan penghargaan kepada MAN 2 Bandarlampung, MAN 1 Bandarlampung, dan MAN 1 Lampung Tengah yang telah memberikan kontribusi terbanyak dalam Penerimaan Mahasiswa Baru melalui jalur SPAN dan SNBP.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada 7 dosen UIN RIL yang terpilih sebagai pembicara Panelis pada kegiatan AICIS ke -22 Tahun 2023 di Surabaya.

Di antaranya Prof. Tulus Suryanto, Dr. Heni Noviarita, Dr. Siti Mahmudah, Dr. Ridwansyah, Dr. Nurnazli, Dr. Edi Susilo, serta Nurlaili.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com