Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Foundation Buka Beasiswa Kuliah 2023 bagi Putra-Putri Natuna

Kompas.com - 12/05/2023, 18:00 WIB
Dwi Oktariana,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pertamina Foundation bersama Universitas Pertamina membuka program beasiswa yang diperuntukkan khusus untuk putra dan putri asal Natuna lewat Beasiswa Sobat Bumi Natuna.

Lewat program beasiswa ini, 15 orang putra dan putri asal Natuna dapat berkesempatan untuk kuliah gratis di Universitas Pertamina.

Beasiswa yang diberikan meliputi pembebasan biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang dipungut di awal kuliah, pembebasan biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) atau uang kuliah per semester, pembebasan biaya daftar ulang, asrama, hingga bantuan biaya hidup.

Bupati Natuna, Siswandi mengungkapkan rasa terima kasih dari Pemerintah Daerah Natuna ata pemberian beasiswa kuliah kepada 15 putra-putri Natuna oleh Pertamina.

Baca juga: Beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya 2023 SMA/SMK, Cek Syaratnya

“Atas nama Pemerintah Daerah Natuna, kami mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Pertamina atas alokasi 15 putra-putri Natuna untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Pertamina. Lewat beasiswa ini, nantinya mereka mampu menjadi agen transformasi di bidang geologi dan perminyakan,” kata Bupati Natuna Siswandi pada dalam keterangan tertulis, Rabu (10/5/2023).

Siswandi berharap dengan adanya program beasiswa ini akan ada anak-anak Natuna yang bisa menjadi bagian dari Pertamina di masa depan.

“Harapan kami juga, 15 hingga 20 tahun ke depan ada anak Natuna yang masuk di Pertamina yang dapat mengambil kebijakan atau keputusan di tatanan perminyakan nasional,” tambah Siswandi.

Direktur Operasi Pertamina Foundation, Yulius S. Bulo menjelaskan beasiswa ini menjadi bentuk kepedulian Pertamina pada daerah perbatasan dan 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) yang sulit mendapat akses pendidikan tinggi.

Baca juga: Biaya Kuliah Universitas Pertamina, Cek Besaran SPI dan SPP

“Program beasiswa dan kerjasama ini pertama kalinya diberikan untuk putra-putri asli Natuna dan harapannya tidak berhenti sampai di sini. Bisa terjalin kerja sama lainnya seperti pemberdayaan UMKM, inovasi sosial masyarakat setempat, dan pengembangan energi baru terbarukan lewat program kami,” kata Yulius.

Dalam kesempatan yang sama, Muhammad Husni Mubarak selaku Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pertamina menerangkan bahwa pemberian Beasiswa Sobat Bumi Natuna melalui 3 tahapan seleksi, yaitu seleksi administrasi, tes potensi akademik, dan seleksi wawancara.

“Lewat tiga tahap ini, harapannya kami bisa memahami dan mengembangkan potensi mereka secara maksimal ketika berkuliah di Universitas Pertamina sehingga menjadi generasi future leader berdaya saing,” jelasnya.

Baca juga: Ini Info Beasiswa Kuliah Gratis Jenjang D3, D4, S1, S2, dan S3

Cara daftar Beasiswa Sobat Bumi Natuna

Pendaftaran beasiswa ini dibuka pada 9 Mei-9 Juni 2023. Pada proses pendaftaran, para peserta beasiswa diberikan kesempatan untuk memilih empat program studi (prodi) di Universitas Pertamina.

Persyaratan Beasiswa Sobat Bumi Natuna

  • Putra/i asli Kabupaten Natuna yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga dan KTP Orang Tua
  • Surat rekomendasi dari kepala sekolah
  • Rapor semester 1-5
  • Sertifikat prestasi akademik dan non akademik
  • Motivation letter

Itulah informasi terkait Beasiswa Sobat Bumi Natuna untuk jenjang S1 di Universitas Pertamina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com