Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unja Buka Jalur Mandiri 2023, Ada 6 Prodi yang Tidak Bisa Dipilih

Kompas.com - 12/05/2023, 14:45 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Jambi (Unja) telah membuka penerimaan mahasiswa baru lewat jalur Mandiri 2023.

Jalur Mandiri 2023 UNJA ini tergabung dalam Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat atau SMMPTN Barat 2023.

SMMPTN Barat merupakan jalur seleksi mandiri masuk ke PTN yang dilaksanakan secara bersamaan beberapa PTN di wilayah Indonesia Barat.

SMMPTN Barat 2023 menjadi pilihan bagi calon mahasiswa yang belum berhasil lulus pada dua seleksi nasional sebelumnya yakni SNBP maupun SNBT.

Baca juga: Beasiswa Huayou Indonesia bagi S1, Ada Biaya Kuliah dan Jenjang Karier

Jalur Mandiri 2023 UNJA

Melansir laman UNJA, Jumat (12/5/2023) dalam SMMPTN Barat 2023, para calon mahasiswa memiliki dua pilihan prodi dari perguruan tinggi negeri yang tergabung.

Sedangkan tempat seleksi bisa dipilih sesuai keterjangkauan calon mahasiswa. Misalkan calon mahasiswa tinggal di Sumatera Utara tetapi lebih memilih UNJA yang berada di provinsi Jambi, maka calon mahasiswa tersebut bisa memilih PTN terdekat yang berada di Sumatera Utara untuk melaksanakan ujiannya.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNJA, Prof. Dr. Drs. Kamid mengatakan, untuk pendaftaran penerimaan seleksi mahasiswa baru jalur Mandiri 2023 sudah bisa dilakukan.

Prof. Kamid menerangkan, tahun ini sebanyak 25 PTN tergabung yang bisa dipilih calon mahasiswa lewat jalur SMMPTN Barat 2023.

"Untuk seleksi mandiri sudah bisa mendaftar. Bagi mereka yang sempat tidak tertampung di UTBK SNBT 2023 silahkan mendaftar di SMMPTN Barat ini," kata Prof. Kamid seperti dikutip dari laman UNJA, Jumat (12/5/2023).

Baca juga: UTBK SNBT 2023 Gelombang II Mulai 22 Mei, Ini Dokumen yang Dibawa

6 prodi UNJA yang tidak bisa dipilih di jalur Mandiri 2023

Universitas Jambi menawarkan 1 program Pascasarjana, 7 Fakultas, 29 Jurusan, dan 92 Prodi dengan 14 diantaranya telah terakreditasi Unggul.

Namun untuk seleksi mandiri ini ada 6 prodi yang tidak ditawarkan. Sebanyak 6 prodi yang tidak ditawarkan di jalur Mandiri ini yaitu:

1. Kedokteran

2. Farmasi

3. Pendidikan Bahasa Inggris

4. Sistem Informasi

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com