Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40.006 Orang Buru PTKIN Lewat Jalur UM PTKIN 2023

Kompas.com - 09/05/2023, 16:36 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 40.006 orang memburu satu bangku di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) lewat jalur UM-PTKIN 2023.

Ketua PMB PTKIN 2023, Prof. Imam Taufiq mengaku, dari total pendaftar 40.006 orang yang mendaftar pada UM-PTKIN 2023, UIN Jakarta yang menyumbang peserta terbanyak, yakni mencapai 8.130 pendaftar.

Baca juga: Jadwal dan Biaya Kuliah UI Jalur Mandiri 2023

"Dengan rincian pilihan 1 sebanyak 3.196 orang, pilihan 2 sebanyak 2.626 orang dan pilihan 3 sebanyak 2.308," kata dia dalam keterangannya, Selasa (9/5/2023).

Kemudian, diikuti UIN Bandung sebanyak 7.116 orang dan UIN Sunan Kalijaga 6.119 orang.

Prof. Imam menyebutkan, dibandingkan tahun lalu, pendaftar UM PTKIN lebih banyak dari tahun ini.

Dia berharap jumlah pendaftar akan terus bertambah sebelum penutupan, sehingga bisa melebihi tahun lalu.

"Pimpinan PTKIN diharapkan terus berupaya melakukan optimalisasi peran kerja hubungan masyarakat (Humas) atau PR yang dimiliki PTKIN untuk meningkatkan brand awareness PTKIN lewat konten-konten kreatif yang dipublikasikan dengan lebih massif dan menjangkau lebih banyak khalayak," jelas dia.

Staf Khusus Menteri Agama, Nuruzzaman meminta Humas PTKIN menjadi alat strategis dalam melakukan kampanye terkait keunggulan dari PTKIN ke dalam seluruh media yang dimiliki dalam kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di PTKIN, untuk menarik minat mahasiswa baru yang akan mendaftar PMB.

Nuruzzaman berharap Humas menjadi tulang punggung dan garda terdepan untuk memastikan prosedur PMB 2023 berjalan dengan baik dengan sisa waktu yang sekitar satu minggu lagi.

"Pastikan tidak ada permasalahan terutama dalam mengakses aplikasi bagi para pendaftar," ucap Nuruzzaman.

Selain itu, lanjutnya, sebagai ikhtiar bersama, seorang Humas harus terus mempublikasikan dan menginformasikan dengan berbagai cara terkait pelaksanaan PMB.

Baca juga: Ahli Gizi UM Surabaya Ingatkan Tak Boleh Makan Mi Instan Lebih 2 Bungkus dalam Seminggu

Sehingga tentu saja dapat menjadi perhatian bagi masyarakat yang membutuhkan, terutama bagi lulusan Madrasah Aliyah, Pesantren, dan Sekolah Menengah Umum lainnya yang akan melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Staf Ahli Menag bidang Reseach, Nuruddin Ali menyatakan, seorang humas mempunyai peran penting dalam mengenalkan kampusnya lewat publikasi.

Publikasi yang sebelumnya harus menentukan taget audiance dan harus memperhatikan frekuensinya dan lingkup coverage yang dijangkau saat melakukan publikasi, ungkap Nuruddin saat menyampaikan materi seputar publikasi.

Nuruddin juga menambahkan bahwa publikasi yang dilakukan seorang Humas PTKIN dapat dilakukan Push Strategy, yaitu dengan 'jemput bola'.

Baca juga: Peserta UTBK SNBT 2023 di UI: Belajar 3 Jam Sehari untuk Ujian

Misalnya mengenalkan kampus ke sekolah, madrasah, dan pondok pesantren.

Strategi selanjutnya yang dapat dilakukan humas PTKIN, yaitu Full Strategy.

Salah satunya dengan memperhatikan jam-jam posting di media sosial (medsos), karena itulah saatnya beriklan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com