Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut SM Unnes Jalur Prestasi 2023? Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Kompas.com - 14/04/2023, 15:30 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa yang tak ikut Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023, maka bisa ikut jalur Seleksi Mandiri.

Terlebih yang berminat kuliah di Universitas Negeri Semarang (Unnes), maka bisa ikut Seleksi Mandiri Unnes Jalur Prestasi.

Melansir laman Unnes, Kamis (13/4/2023), SM Unnes Jalur Prestasi 2023 dibuka hingga 9 Juni 2023 mendatang. Untuk pendaftaran dilaksanakan secara daring.

Adapun Jalur Prestasi sendiri merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru Unnes melalui Seleksi Mandiri.

Baca juga: 11 Jurusan Sepi Peminat di Unnes untuk Daftar SNBT 2023

Menurut Zaenal Abidin, SSi., MCs., PhD., selaku Kepala UPT Humas Unnes, SM Unnes Jalur Prestasi diselenggarakan sebagai bentuk penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi luar biasa atau juara dalam bidang olahraga, seni, olimpiade/lomba mata pelajaran, maupun keagamaan.

"Jalur seleksi yang baru dibuka pada tahun ini sebagai bagian dari komitmen Unnes untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru Unnes dan sebagai upaya membangun SDM unggul di Indonesia," ujarnya.

Beri keringanan UKT

Pihaknya memberikan penghargaan kepada calon mahasiswa yang diterima di Jalur Seleksi Mandiri Prestasi berupa keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) rendah Kategori I/Kategori II dari semester 1-8.

Selain itu, peserta peraih peringkat I olimpiade/lomba bidang studi (Sains, Matematika, dan TIK) dan Lomba Kompetensi Siswa (mapel produktif di SMK) tingkat Nasional berdasarkan penilaian panitia penguji, jika diterima sebagai calon mahasiswa baru, dipertimbangkan untuk mendapat keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kategori I/terendah per semester.

Sedang peserta peraih peringkat I olimpiade/lomba bidang studi (Sains, Matematika, dan TIK) dan Lomba Kompetensi Siswa (mapel produktif di SMK) tingkat Provinsi berdasarkan penilaian panitia penguji, jika diterima sebagai calon mahasiswa baru, dipertimbangkan untuk mendapat keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kategori II per semester.

Baca juga: 4 Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Online, Calon Mahasiswa Cek Dulu

Untuk peserta peraih juara I dalam bidang olahraga, seni, teknologi dan lomba bidang keagamaan tingkat Provinsi berdasarkan penilaian panitia penguji, apabila diterima sebagai calon mahasiswa baru, dipertimbangkan untuk mendapat keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kategori II per semester.

Cara daftar

Tata cara pendaftaran dan seleksi dari laman https://unnes.ac.id/admission/. Calon peserta seleksi harus membuat akun pendaftaran dan masuk ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara daring. Pada jalur ini, pendaftar berhak memilih dua program studi yang diminati.

Sedangkan hasil seleksi administrasi (tahap I) diumumkan di laman pendaftaran pada 12 Juni 2023. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi tahap I wajib mengikuti Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA) pada 17-18 Juni 2023. Hasil seleksi (tahap II/akhir diumumkan di laman pendaftaran pada 23 Juni 2023.

Syarat pendaftaran

Jalur Pretasi ini diperuntukkan bagi Siswa SMA/MA/SMK/MAK yang pada tahun 2023 terdaftar aktif di kelas XII/XIII.

Persyaratan khusus untuk mengikuti jalur ini yakni memiliki salah satu prestasi atau memiliki sertifikat/surat keterangan:

1. Sebagai Juara I, II dan III (memperoleh sertifikat, piala atau medali emas, perak dan perunggu) minimal tingkat Nasional dalam dalam bidang olahraga, seni/budaya, olimpiade/lomba mata pelajaran, maupun keagamaan yang diperoleh selama di SMA/MA/SMK/MAK.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com