Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Belajar Teknika Kapal Penangkap Ikan? Ini 4 SMK Pilihannya

Kompas.com - 13/03/2023, 13:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Melanjutkan pendidikan di SLTA tentu harus memilih antara SMA atau SMK. Tapi yang suka banyak praktikumnya, maka bisa pilih SMK.

Apalagi yang suka dengan seluk beluk kapal ikan, maka pilihannya ialah sekolah di SMK yang ada Jurusan Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI).

Nantinya, akan ada banyak hal yang bisa kamu peroleh dan pelajari di jurusan tersebut. Lantas, pilihan SMK Jurusan TKPI ada di beberapa SMK.

Baca juga: Pilih SMA atau SMK? Siswa SMP Pahami Dulu 4 Hal Ini

Melansir laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Minggu (12/3/2023), ini pilihan SMK-nya:

1. SMKN 2 Rembang

SMKN 2 Rembang ini adalah SMK Pusat Keunggulan yang terletak di wilayah pesisir utara Jawa Tengah. SMK ini memiliki kompetensi keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan.

SMK yang berbasis ketarunaan menjadi salah satu lembaga pendidikan menengah kejuruan yang mencetak ahli-ahli Teknika Kapal Penangkapan Ikan.

Serta menjadi pusat pengembangan pendidikan kejuruan terpadu bidang kelautan dan perikanan yang telah dipercaya oleh industri dan masyarakat Rembang.

2. SMKN 1 Puring

Sedangkan di Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah juga ada SMKN 1 Puring. Salah satu SMK PK yang berbasis ketarunaan ini juga memiliki kompetensi keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan.

Sekolah yang menjadi salah satu rujukan dalam bidang kelautan dan perikanan di Kebumen ini telah banyak mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Daerah Kebumen, BP2TL, dan pihak lainnya.

Baca juga: Tertarik Dunia Fesyen? Ini yang Dipelajari di SMK Jurusan Tata Busana

Tidak hanya itu, SMKN 1 Puring juga merupakan salah satu SMK PK yang unggul dalam prestasi. Pada 2022 SMKN 1 Puring menjuarai salah satu cabang di LKS tingkat nasional.

3. SMKN Darul Ulum Muncar

Bagi warga Jawa Timur juga punya SMK dengan Jurusan Teknika Kapal Penangkap Ikan. Yakni SMKN Darul Ulum Muncar.

SMK yang terletak di Dusun Krajan, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini memiliki 7 kompetensi keahlian, salah satunya adalah Teknika Kapal Penangkap Ikan.

Di SMK ini kamu akan diajari terkait permesinan kapal dan membuat kapal fiber. SMKN Darul Ulum Muncar juga sudah memiliki bengkel workshop sendiri untuk praktik membuat kapal.

Tidak hanya belajar membuat kapal untuk kegiatan pembelajaran saja, kamu juga akan dilibatkan dalam pembuatan kapal fiber yang dipesan oleh masyarakat.

4. SMKN 3 Bitung

Sedangkan di wilayah Sulawesi ada SMKN 3 Bitung. SMK yang berdiri sejak 2002 ini memiliki 5 kompetensi keahlian, satu di antaranya adalah kompetensi keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan.

Sekolah yang terletak di Kota Bitung, Sulawesi Utara ini memiliki komitmen untuk mendidik taruna agar mampu berkompetisi dalam dunia kerja sesuai dengan salah satu misinya.

Di SMK ini kamu akan diajarkan terkait materi dan praktik merawat mesin utama penggerak kapal dan juga akan diajari terkait kelistrikan dan pengelasan.

Baca juga: Minat Belajar Tata Kecantikan? 4 SMK Ini Bisa Jadi Pilihan

Jadi, itulah beberapa SMK yang punya Jurusan Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI). Namun, masih banyak SMK lain yang memiliki jurusan tersebut dan bisa dijadikan rujukan untuk melanjutkan pendidikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com