Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Universitas Penerima Mahasiswa ADik Difabel 2022 Terbanyak

Kompas.com - 26/01/2023, 07:13 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) mengumumkan hasil seleksi Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) Disabilitas tahun 2022.

Ada sebanyak 261 orang berhasil lolos seleksi beasiswa ADik dari 340 penyandang disabilitas yang mendaftar pada Oktober 2022 lalu.

Peserta yang berhasil lolos bisa mendapatkan kesempatan untuk menjalani perkuliahan di 80 perguruan tinggi akademik dan vokasi. Baik negeri maupun swasta di seluruh wilayah Indonesia.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim menegaskan, akses mahasiswa penyandang disabilitas pada pendidikan tinggi dijamin dalam Peraturan Menristekdikti Nomor 46 Tahun 2017 tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus di Perguruan Tinggi.

"Perguruan Tinggi tidak boleh menolak mahasiswa penyandang disabilitas untuk belajar di kampusnya," kata Nadiem seperti dikutip dari laman Puslapdik, Rabu (25/1/2023).

Baca juga: 7 Jurusan D3 Berprospek Kerja Cerah, Referensi SNPMB 2023

10 universitas menerima mahasiswa ADik disabilitas terbanyak

Dari data yang dimiliki Puslapdik, ada 10 universitas baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun swasta yang menerima mahasiswa ADik Disabilitas 2022 paling banyak.

Berikut daftar 10 universitas yang paling banyak menerima mahasiswa lewat beasiswa ADik Disabilitas 2022:

1. Universitas Negeri Jakarta-UNJ (Jakarta) yang menerima 11 mahasiswa penyandang disabilitas fisik dan sensorik. Para mahasiswa ini tersebar di berbagai program studi.

2. Universitas Muhammadiyah Purworejo menerima 11 mahasiswa penyandang disabilitas fisik di berbagai program studi.

3. Universitas Brawijaya-Unbraw (Malang) yang menerima 10 mahasiswa penyandang disabilitas fisik dan sensorik. Mahasiswa ini juga tersebar di berbagai program studi.

4. Universitas Islam Nusantara-Uninus (Bandung) yang menerima 10 mahasiswa penyandang disabilitas sensorik di program studi Pendidikan Luar Biasa.

5. Universitas Lambung Mangkurat-Unlam (Banjarmasin) yang menerima 10 mahasiswa penyandang disabilitas intelektual dan sensorik yang sebagian besar diterima di Program Studi Pendidikan Luar Biasa dan 1 orang di program studi lain.

Baca juga: Mengenal Ilmuwan Mikologi, Diperankan Christine Hakim dalam The Last of Us

6. Universitas Negeri Surabaya yang menerima 10 mahasiswa penyandang semua jenis disabilitas di program studi Pendidikan Luar Biasa.

7. Universitas Pamulang (Tangerang Selatan), yang menerima 9 mahasiswa penyandang disabilitas sensorik di berbagai program studi.

8. Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna (Medan) yang menerima mahasiswa disabilitas sensorik, fisik, dan intelektual di Program Studi Ilmu Keolahragaan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com