Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Azzam, Lolos Magang di BUMN, Bersaing dengan 30.000 Pelamar

Kompas.com - 16/01/2023, 17:18 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Abdullah Azzam Suli, mahasiswa Studi Kejepangan Universitas Airlangga (Unair) menceritakan pengalamannya yang tidak terlupa kala berhasil magang di salah satu Badan Usaha Milik Negara Indonesia (BUMN) terbesar di Indonesia, yakni PT Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Ia menjalani magang di BRI melalui Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka.

Selama proses seleksi, Azzam dihadapkan dengan 30.000 pendaftar dari berbagai wilayah, hingga akhirnya ia berhasil menjadi salah satu dari 130 peserta yang lolos seleksi.

Baca juga: Rahasia Izza, Siswa yang Lolos di 10 Kampus Dalam dan Luar Negeri

Rangkaian seleksi untuk magang di BRI

Azzam menceritakan bahwa ia melalui proses ketat selama pendaftaran. Ia harus melewati berbagai seleksi, yaitu seleksi berkas, melakukan BRILiaN Internship Test yang menguji knowledge mengenai Bank Rakyat Indonesia (BRI), hingga wawancara dan forum group discussion (FGD).

Meski awalnya Azzam sadar bahwa tidak dapat mengandalkan title nya, namun ia memberanikan untuk eksplor hal baru di luar dari jurusan kuliahnya.

Menurutnya, hal tersebut harus dilakukan mahasiswa di tengah persaingan yang semakin ketat, ditambah kesempatan yang kian sempit.

“Karena itu kita harus berani untuk keluar dari zona nyaman kita agar tidak stagnan dan terus berkembang,” tambahnya dalam keterangan resmi Unair.

Selama magang, Azzam menduduki posisi Human Capital Business Partner. Ia bertugas melakukan riset dan langkah solutif untuk BRI.

Baca juga: Dulu Cleaning Service Kini Jadi Seorang Dosen, Ini Kisah Lukman Hakim

Tak hanya itu, ia juga bertanggung jawab dalam pembuatan arsip, pengelolaan data, dan menjadi penyeleksi dalam program BRILiaN Banking Officer Program (BBOP).

Salah satu program yang tak dapat ia lupakan yaitu BRILiaN Improvement Forum.

Ia berkesempatan untuk pergi ke Yogyakarta untuk melakukan bounding kepada rekan kerja dan mengevaluasi program kerja yang telah dilakukan.

Di akhir, sebagai Human Capital Azzan mengimbau agar mahasiswa saat melakukan pendaftaran magang menggunakan CV ATS.

Penggunaan CV ATS merupakan poin penting dalam seleksi rekruter.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com