Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unnes Gapai Akreditasi Unggul dari BAN-PT hingga 2026

Kompas.com - 25/11/2022, 08:41 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes) memperoleh kabar baik dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Itu karena BAN-PT menyematkan kembali status "Akreditasi Unggul (A)" kepada Unnes yang tertuang dalam sertifikat dengan nomor 1920/SK/BAN-PT/Ak-KP/PT/XI2022.

Baca juga: Anaknya Meninggal akibat Kecelakaan, Ibu Ini Wakili Wisuda di Unnes

Status akreditasi itu berlaku sejak 22 November 2022 hingga 28 Desember 2026 untuk Unnes.

"Syukur Alhamdulillah secara kelembagaan, Unes kembali mendapatkan akreditasi Unggul (A) dari BAN-PT. Ini menjadi semangat kami untuk melangkah menjadi PTN-BH," kata Rektor Unnes Prof. S Martono dalam keterangan resminya di laman Unnes, Jumat (25/11/2022).

Prof. Martono menyampaikan, hasil ini adalah bukti kerja nyata penuh integritas seluruh komponen mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, pimpinan, alumni, dan mitra kerja.

Menurut dia, akreditasi ini dapat memperkuat kepercayaan publik bahwa UNNES adalah perguruan tinggi unggul.

"Ini akan membawa implikasi luas. Bagi mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan maupun alumni. Pengakuan bahwa Unnes adalah universitas yang unggul akan memberi akses yang lebih luas, baik dalam pengembangan karier, studi lanjut, maupun dalam kehidupan bermasyarakat," jelas dia.

Unnes wisuda 1.650 lulusan baru

Setelah resmi berstatus PTN-BH, Unnes mewisuda 1.650 lulusan baru dari program Doktor, Megister, Sarjana, dan Diploma pada upacara wisuda ke-113 di Auditorium Prof Wuryanto, Sekaran, pada tanggal 24-25 November 2022.

Prof. Martono menyampaikan, Unnes telah berubah menjadi PTN-BH.

Sehingga, Unnes dituntut untuk lebih unggul dan berprestasi dalam fleksibilitas tata kelola.

Baca juga: Batas Usia Pendaftaran 8 Sekolah Kedinasan Favorit, Cek Infonya

"Ke depan kami harus mampu menunjukkan kepada masyarakat bahwa UNNES merupakan lembaga pendidikan besar yang bereputasi dunia dan menjadi pelopor kecemerlangan pendidikan yang berwawasan konservasi," jelas Prof. Martono.

Prof. Martono mengatakan, Unnes adalah tempat bagi mereka yang memiliki kecerdasan dan prestasi unggul, meskipun dalam kondisi sosial ekonomi yang kurang beruntung.

Selain itu, Unnes juga sebagai tempat bagi mereka yang ingin berbagi demi kelancaran dalam proses pendidikan dengan kreativitas dan inovasi yang tinggi.

"Untuk itu, mari bersama-sama membangun UNNES yang lebih baik lagi," ucap Prof. Martono.

Baca juga: Nadiem Percepat Perbaikan Bangunan Sekolah Terdampak Gempa Cianjur

Dia berpesan kepada wisudawan untuk menjadi lulusan yang rendah hati, bisa menunjukkan kualitas dan kompetensi yang dimiliki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com