Kompas.com - 24/11/2022, 20:27 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Komisi X DPR mendorong Perpustakaan Nasional (Perpusnas) untuk mempertajam Unsur Pembangunan Literasi Masyarakat (UPLM) sebagai variabel kajian penyusunan indeks literasi nasional.

Wakil Ketua Komisi X DPR, Abdul Fikri Faqih menyatakan Indeks Literasi Masyarakat yang disusun Perpusnas dapat menjadi landasan kebijakan literasi pemerintah.

Baca juga: Nadiem Percepat Perbaikan Bangunan Sekolah Terdampak Gempa Cianjur

Selain itu, dibutuhkan penguatan Perpusnas untuk mengelola program dan kegiatan literasi, agar menjadi suatu gerakan literasi secara nasional.

"Kami sudah banyak berdiskusi dengan beberapa kementerian dan lembaga tentang literasi, tapi kebanyakan berhenti di program dan proyek yang bentuknya fisik saja seperti bangunan dan buku-buku. Jadi jangan berhenti di program saja, tapi bagaimana literasi bisa digerakan," kata dia dalam keterangannya, Kamis (24/11/2022).

Sementara itu, legislator Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Moh. Haerul Amri menyampaikan apresiasinya atas capaian yang diraih Perpusnas.

Dia menilai, Perpusnas perlu melakukan kolaborasi dan sinergitas dengan Kemendikbud dalam rangka penguatan literasi.

"Perkembangan indeks pembangunan literasi masyarakat dari tahun 2018 hingga 2021 mengalami kenaikan yang signifikan. Saya kira ini capaian yang sangat bagus, namun tentunya harus ada kolaborasi dan sinergitas dengan Kemendikbud Ristek," terangnya.

Anggota Komisi X Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Zainuddin Maliki mengatakan, kemajuan sebuah bangsa ditentukan oleh jumlah manusia terdidik dan bermental kuat, bukan karena jumlah penduduk maupun sumber daya alamnya.

"Untuk mengukur kualitas manusia terdidik dari suatu negara salah satunya dilihat dari kesadaran literasi masyarakatnya. Dan peran Perpusnas dalam meningkatkan indeks literasi sangat strategis," ungkap dia.

Anggota Komisi X Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Fahmi Alaydroes menjelaskan Perpusnas harus menjadi leading sector dalam pembangunan literasi masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.