Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukrida dan NFU Taiwan Memantapkan Kerja Sama Internasional

Kompas.com - 24/10/2022, 12:38 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) menjalin kerja sama dengan National Formosa University (NFU), Taiwan untuk memantapkan kolaborasi internasional. Kerja sama dengan NFU Taiwan kali ini hadir melalui kunjungan Prof. Chung-Yan Lin.

Prof. Chung Yan Lin dari Department of Aeronautical Engineering yang sekaligus merupakan Director of International Administration Affairs NFU datang ke Kampus I Ukrida, Jakarta Barat, pada Kamis, 20 Oktober 2022.

Kerja sama antara Ukrida dan NFU Taiwan telah dimulai sejak 2018. Realisasi kerja sama tahap awal direalisasikan melalui pengiriman satu orang dosen Ukrida untuk melanjutkan studi ke jenjang Doktoral (S3) di NFU.

Bentuk kerja sama ini juga dilanjutkan dengan mengirimkan tujuh alumni Ukrida untuk studi jenjang Master (S2) di berbagai program studi di NFU.

Dari pengalaman alumni Ukrida yang melanjutkan studi di NFU, berbekal ilmu yang diperoleh selama menempuh studi S1 di Ukrida, mereka tidak mengalami kesulitan dalam mempelajari lebih jauh lagi mengenai bidang ilmu yang dipilih.

Selain itu, pengalaman dalam penelitian bersama dosen di Ukrida membantu yang bersangkutan dalam melakukan penelitian dan menulis karya ilmiah, baik untuk konferensi maupun tesis.

Program soft skills Ukrida juga membekali para lulusan sehingga ketika melanjutkan studi di luar negeri, mereka dapat dengan cepat beradaptasi terhadap budaya dan pergaulan yang berbeda.

Kemampuan bahasa Inggris yang juga dikembangkan selama studi S1 di Ukrida membuat mereka tidak kesulitan dalam berkomunikasi di luar negeri.

Kerja sama yang terjalin dengan baik selama ini serta respons positif dari para alumni menjadi motivasi bagi kedua belah pihak untuk memperluas cakupan kerja sama, selain pengiriman dosen dan alumni untuk studi lanjut yang telah terealisasi selama ini.

Baca juga: Prinsip Kerja Sama ASEAN dan Manfaatnya bagi Indonesia

Acara pertemuan difasilitasi Unit Kemitraan dan Hubungan Internasional Ukrida dan dihadiri Rektor Ukrida Wani Devita Gunardi.

Wani Devita Gunardi dalam sambutan selain memberikan apresiasi atas kerja sama yang sudah berlangsung baik, juga berharap ke depan kerjasama bisa diperluas setelah adanya penjajakan melalui pertemuan ini.

Prof. Chung Yan Lin dalam kesempatan tersebut memperkenalkan National Formosa University, serta keterlibatan NFU dalam pengembangan masyarakat di lingkungan sekitar kampus.

Secara khusus, Prof. Chun Yan Lin juga memberikan apresiasi kerja sama dan kepercayaan dari Ukrida, dengan mengirimkan dosen dan alumni untuk melanjutkan studi di NFU. Dalam kesempatan sama, Kepala Unit Kemitraan dan Hubungan Internasional Ukrida, Athriyana S. Pattiwael memperkenalkan tentang Ukrida.

Acara diskusi program kerja sama dipandu oleh Eddy Wijanto Kepala Unit Marketing dan Public Relation Ukrida yang juga merupakan alumni program doktoral dari NFU.

Pada kesempatan ini, Dekan FTIK Oki Sunardi merencanakan adanya program fast track antara FTIK Ukrida dengan National Formosa University.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com