Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Butuh Biaya Skripsi hingga Riset? Ada Bantuan Rp 10 Juta

Kompas.com - 24/10/2022, 07:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membuka bantuan biaya tugas akhir seperti skripsi, tesis maupun riset bagi mahasiswa S1-S3.

Bantuan biaya tugas akhir ini bisa didaftar mahasiswa S1, S2, dan S3 perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) serta mahasiswa yang sedang kuliah di luar negeri.

Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Faisal Abdullah mengatakan, bantuan biaya tugas akhir mahasiswa S1-S3 ini hanya diberikan kepada mahasiswa aktif yang sedang menyusun riset dan penelitian tugas akhir.

"Kami juga melihat banyaknya mahasiswa yang terpaksa menambah masa kuliahnya karena terhambat pada proses penyelesaian tugas akhir sehingga kami mengharap program ini dapat memotivasi mahasiswa untuk segera wisuda," ujar Faisal dilansir dari laman Kemenpora.

Baca juga: 5 Beasiswa S1-S3 ke Luar Negeri Tanpa Batas Usia, Mana Pilihanmu?

Plt. Asdep Tenaga dan Peningkatan Sumber Daya Pemuda Amar Ahmad menjelaskan bahwa program ini tertuang pada Peraturan Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Nomor 7.29.1 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Bagi Tenaga Kepemudaan Formal Tahun 2022.

"Program ini dapat diikuti bagi para pemuda berusia 16-30 tahun yang terdaftar sebagai mahasiswa S1, S2, dan S3, mekanismenya mudah dan dapat diikuti oleh para pemuda yang sedang menyelesaikan tugas akhir.” ujar Amar.

Baca juga: 5 Negara yang Penduduknya Paling Malas di Dunia, Indonesia Nomor 1

Cakupan beasiswa

Biaya penyelesaian karya ilmiah tingkat akhir untuk 35 orang dengan bantuan sebesar Rp 10 juta per paket. Sehingga total keseluruhan bantuan pemerintah sebesar Rp 350 juta.

Alokasi anggaran tersebut untuk pembiayaan dalam skripsi atau tesis, disertasi yang meliputi:

  • Bahan habis pakai (ATK, tinta printer, dan lainnya)
  • Biaya referensi (buku, jurnal, perpustakaan, dan lainnya)
  • Biaya transportasi dan konsumsi
  • Biaya seminar
  • Biaya publikasi
  • Penjilidan dan pengadaan skripsi/tesis/disertasi final

Persyaratan Bantuan Biaya Tugas Akhir Kemenpora 2022

1. Mahasiswa berusia 16 – 30 Tahun pada tanggal 31 Desember 2022

2. Memiliki identitas diri (KTP) atau identitas yang lain, bagi yang belum mempunyai KTP bisa menggunakan Kartu Keluarga (KK)

3. Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama Penerima Bantuan

4. Memiliki rekening aktif pada bank pemerintah dan/atau bank swasta lainnya atas nama Penerima Bantuan

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Berpeluang Besar Jadi PNS

5. Mengajukan proposal permohonan bantuan pemerintah bagi tenaga kepemudaan formal yang prospektif disertai Rincian Anggaran Biaya (RAB)

6. Aktivis Organisasi Kepemudaan, komunitas kepemudaan, pemuda berprestasi di lingkungan masyarakat, tokoh pemuda di lingkungan tertentu, tokoh inspirasi pemuda, dan lainnya yang dibuktikan dengan surat keterangan dari organisasi kepemudaan, komunitas kepemudaan, atau Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten/Provinsi

7. Terdaftar menjadi mahasiswa S1/S2/S3 di Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta di dalam negeri dan luar negeri

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com