Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"ITC Leadership Seminar" Menguatkan Literasi Digital Lintas Sektor

Kompas.com - 13/10/2022, 20:58 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - International Test Center (ITC) menggelar "ITC Leadership Seminar 2022", pada hari Rabu, 12-13 Oktober 2022 secara hibrid di Jakarta dan melalui aplikasi Zoom. 

Seminar menjadi platform diskusi menguatkan literasi digital dan komunikasi bahasa Inggris di sekolah, kampus, perusahaan dan industri, serta badan pemerintah sebagai upaya membangun SDM Indonesia unggul dan kompetitif global.

Leadership seminar ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan secara rutin oleh ITC. 

Hari pertama seminar menghadirkan tujuh pembicara inspiratif dari tiga sektor pendidikan, industri, dan pemerintah. Sedangkan hari kedia yang dilaksanakan secara daring menghadirkan delapan topik bermanfaat bagi praktisi untuk mendukung percepatan transformasi digital di institusi masing-masing.

Jenny Lee, CEO International Test Center, pada sambutan pembukaan acara (12/10/2022) menekankan pentingnya kolaborasi antar pemangku kepentingan dalam menguatkan literasi digital. 

“Dibutuhkan kolaborasi di antara berbagai sektor, terutama yang disatukan di sini pada hari ini yaitu (sektor) pendidikan, industri, dan pemerintah, untuk menavigasi transformasi yang sukses di seluruh Indonesia," tegas Jenny Lee.

Jenny menambahkan, kolaborasi ini bertujuan memastikan kesuksesan dan kemakmuran nasional yang berkelanjutan dari pengalaman selama Pandemi Covid ke era normal baru.

"Transformasi digital membutuhkan pemikiran ulang tentang bagaimana suatu organisasi menggunakan teknologi, sumber daya manusia, dan proses yang ada dalam mencapai sebuah model bisnis baru dan aliran pendapatan baru," jelasnya.

Baca juga: Gandeng Unima, Kominfo Beri Pembekalan Literasi Digital

"Terinspirasi dan diperjuangkan oleh para CEO, Rektor, atau Direktur Jenderal dalam membangun kemitraan dengan para pemimpin senior lainnya, transformasi digital membutuhkan kolaborasi lintas departemen, menggabungkan misi, tujuan, dan praktik bisnis perusahaan atau institusi dengan sejumlah model pengembangan aplikasi dengan cepat," tambahnya.

“Keterampilan dan menguasai bisnis digital adalah salah satu solusi untuk tetap berada terdepan dalam persaingan di dunia saat ini, baik untuk tingkat nasional maupun internasional,” pungkas Jenny Lee.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com