Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Digunakan di Jalur Mandiri PTN, Catat Jadwal Daftar KIP Kuliah 2022

Kompas.com - 20/04/2022, 19:15 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com- Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) diluncurkan pemerintah menjadi skema bantuan biaya pendidikan yang bisa digunakan calon mahasiswa untuk mendaftar di perguruan tinggi.

Bantuan ini dikhususkan bagi siswa berprestasi namun memiliki kondisi finansial yang kurang memadai.

Selain bisa digunakan di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2022, KIP Kuliah juga bisa digunakan di jalur Mandiri perguruan tinggi negeri (PTN).

Bagi siswa yang belum mendaftar SNMPTN maupun UTBK SBMPTN 2022, bisa memanfaatkan KIP Kuliah untuk jalur Mandiri PTN 2022.

Baca juga: Intip Universitas Terbaik di Jabar Versi SIR dan QS WUR 2022

Jadwal pendaftaran KIP Kuliah 2022 jalur Mandiri

Merangkum dari laman resmi KIP Kuliah, Rabu (20/4/2022), jadwal pendaftaran KIP Kuliah 2022 untuk jalur Mandiri yakni pada 1 Juni 2022 hingga 7 Oktober 2022.

Calon mahasiswa yang ingin mendaftar KIP Kuliah jalur Mandiri jangan sampai kelewatan ya. KIP Kuliah 2022 juga memberi keleluasaan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di kampus swasta.

Pendaftaran KIP kuliah untuk seleksi mandiri perguruan tinggi swasta (PTS) dijadwalkan pada 8 Juni 2022 hingga 31 Oktober 2022.

Calon mahasiswa yang ingin mendaftar KIP Kuliah 2022 juga perlu tahu cara pendaftarannya di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Baca juga: Forisa Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA/SMK-D3, Ayo Daftar

Cara daftar KIP Kuliah 2022

Berikut cara mendaftar KIP Kuliah 2022 yang wajib diketahui calon mahasiswa:

1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps.

2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif.

3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.

4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.

Baca juga: Cek Perbedaan Ilmu Aktuaria dan Statistika Menurut Dosen ITS

5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri).

6. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.

7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Itulah jadwal pendaftaran KIP Kuliah 2022 untuk jalur Mandiri PTN. Selain bisa digunakan di jalur Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (PTN), KIP Kuliah juga bisa digunakan untuk mendaftar di perguruan tinggi swasta (PTS) lho.

Baca juga: Orangtua, Seperti Ini Cara Ajarkan Anak Olah Sampah Jadi Karya Seni

Calon mahasiswa berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan namun memiliki keterbatasan ekonomi, program KIP Kuliah ini bisa benar-benar dimanfaatkan ya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com