Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkul DMI, Pesantren Ingin Cetak Santri Ahli Ekonomi dan Sosial

Kompas.com - 06/02/2022, 09:57 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Para kiai pengasuh pondok pesantren modern dan tradisional menjalin pertemuan dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Salah satu poin didapatkan dalam pertemuan adalah menjadikan santri sebagai cendekiawan muslim yang ahli ekonomi dan sosial.

Baca juga: Kemenag Ingatkan Madrasah Waspada Varian Omicron

"Ini sangat penting untuk Indonesia ke depan. Penting jadikan santri ahli ekonomi dan sosial," kata Sekjen Forum Komunikasi Pesantren Muadalah (FKPM) Gus Lukman dalam keterangannya, Sabtu (6/2/2022).

Dia menegaskan, keinginan DMI dan pimpinan ponpes untuk menjadikan santri sebagai cendekiawan muslim bukan hal yang mustahil.

"Itu tidak mustahil," tegas Gus Lukman.

Wakil Ketua Umum DMI, Komjen Pol (Purn) Syafruddin mengajak agar pondok pesantren bisa menyiapkan santri menjadi cendekiawan muslim.

Tujuan menciptakan cendekiawan muslim, yakni menyambut bonus demografi 2030 di Indonesia.

"Para santri akan menduduki sentral-sentral seluruh aspek kehidupan bukan hanya di dakwah dan tentang agama, tapi di bidang ekonomi, sosial, dan masyarakat," tutur pria yang juga menjabat sebagai Ketua MWA Unhas.

Baca juga: Telur Puyuh Mengandung Kolesterol Tinggi? Ini Penjelasan Dosen IPB

Dia menyarankan agar cendekiawan muslim tidak hanya berbicara soal dakwah.

Cendekiawan muslim, lanjut dia, bisa berbicara soal ekonomi, sosial, maupun bidang lainnya.

Sebab, pada 2030 mendatang, 70 persen pemimpin merupakan anak muda.

"Cendekiawan itu bukan hanya dakwah, tapi kiai ahli ekonomi. Kiai ahli pertanian itu Rektor IPB (Arif Satria) beliau menjadi Ketua ICMI sekarang," tukas dia.

Pada pertemuan, turut hadir Ketua Forum Pesantren Alumni Gontor (FPAG) yang juga pengasuh Pondok Pesantren Al-Ikhlas, Taliwang NTB Kiai Zulkifli Muhadli, serta Ketua Umum Forum Silaturahim Kiai-kiai Muda (FSKM) dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikmah I Brebes Jawa Tengah Gus Akomadhien Sofa.

Baca juga: Kemenag: Madrasah di Daerah PPKM Level 2 Bisa PTM 50 Persen

Lalu ada Ketua Forum Silaturahim Pondok Pesantren (FSPP) Banten dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Mizan Banten KH. Anang Azhari Ali hingga Pengasuh Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta Kiai Sofwan Manaf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com