Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uhamka Resmi Miliki Gedung Pusat Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan

Kompas.com - 04/11/2021, 12:09 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka atau Uhamka kini memiliki gedung Pusat Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan Uhamka atau Gedung CBT Uhamka and OSCE Center.

Gedung baru tersebut diresmikan Rektor Uhamka, Prof. Gunawan Suryoputro pada 3 November 2021.

Prof. Gunawan Suryoputro menjelaskan, pembangunan gedung Pusat Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan (CBT dan OSCE Center) merupakan bagian dari pengembangan sarana dan prasarana.

“Kunci jaminan mutu agar lulusan kita memiliki komptensi yang diharapkan setidaknya kita harus memerhatikan 3 hal yakni, sumber daya manusia bermutu, kurikulum bermutu, sarana dan prasarana bermutu,” jelas Prof. Gunawan.

Rektor Uhamka berharap, gedung ini dapat menjadi salah satu penunjang Uhamka dalam menciptakan lulusan mandiri dan bermutu sehingga para lulusan dapat menghadapi tantangan di masyarakat dengan baik.

Selain mengembangkan sarana dan prasarana, gedung yang dapat digunakan sebagai ujian kompetensi ini juga dibangun untuk menjalin silaturahim antara fakultas Uhamka lainnya.

Gedung yang terletak di Fakultas Farmasi dan Sains (FFS) Uhamka ini tidak hanya diperuntukan bagi mahasiswa FFS saja, melainkan bagi semua mahasiswa Uhamka yang membutuhkan nantinya.

Baca juga: Bantu Penanganan Covid di RS Sardjito, Unisa Kirim 39 Nakes Sukarelawan

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka atau Uhamka memiliki Pusat Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan atau Gedung CBT and OSCE Center yang diresmikan Rektor Uhamka, Gunawan Suryoputro pada 3 November 2021.
DOK. UHAMKA Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka atau Uhamka memiliki Pusat Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan atau Gedung CBT and OSCE Center yang diresmikan Rektor Uhamka, Gunawan Suryoputro pada 3 November 2021.

Prof. Gunawan menambahkan, “karena kampus Uhamka yang menyebar, cara mendekatkan mahasiswa yang berbeda-beda itu dengan program pembangunan ini, di mana nantinya mahasiswa yang akan melakukan ujian kompetensi dibidang kesehatan atau pun farmasi dapat bertemu di gedung tersebut.” 

Dalam kesempatan sama, Sudarnoto, Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah memaparkan terealisasikannya pembangunan gedung ini merupakan salah satu pengembangan ilmu pendidikan dan teknologi (IPTEK), sains, serta agama.

Ha ini juga menjadi suatu pembuktian bahwa cara berpikir Muhammadiyah tentang pengimplementasian agama harus menggunakan iptek dan sains secara benar.

“Uhamka telah menjalankan kewajiban akademik, keilmuan dalam rangka menjadikan kampus Muhammadiyah menjadi kampus yang besar dan gedung ini merupakan suatu kebanggaan bagi Muhammadiyah khususnya bagi saya,” ungkapnya.

Gedung Pusat Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan memiliki tiga lantai ini berlokasi di Kampus C Fakultas Farmasi dan Sains, Perumnas Klender Jakarta Timur, dan bantu PT Utama dalam pembangunan dan perawatannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com