Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Prodi UMN Raih Asesmen Internasional dari AUN-QA

Kompas.com - 06/08/2021, 17:32 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Tiga program studi (Prodi) Universitas Multimedia Nusantara (UMN) meraih asesmen internasional dari ASEAN University Network – Quality Assurance (AUN-QA) dengan predikat "Adequate as Expected".

Itu karena telah memenuhi syarat kriteria asesmen internasional dari AUN-QA.

Baca juga: Tiga Prodi UGM Raih Akreditasi Internasional

AUN-QA merupakan organisasi jejaring universitas yang memberikan assessment atas tata kelola pendidikan berbasis luaran (outcome based education) kepada universitas-universitas di ASEAN yang menjadi anggotanya.

Tiga prodi yang peroleh asesmen internasional dari AUN-QA, yaitu Manajemen, Ilmu Komunikasi, dan Desain Komunikasi Visual.

Raihan itu diumumkan pada Jumat (30/7/2021), setelah proses penilaian atau asesmen yang terlaksana pada 28 Juni sampai 2 Juli 2021.

Pendidikan tinggi membutuhkan pengukuran secara sistematis, terstruktur, dan berkesinambungan dalam menjamin kualitas mutu pendidikan.

Pencapaian yang membanggakan ini menjadi bukti komitmen UMN dalam menjamin kualitas pendidikan yang diakui secara internasional.

Education Quality Assurance Manager UMN, Stefanus Bambang Widiatnolo menyatakan, ada 11 kriteria yang dijadikan dasar penilaian asesmen AUN-QA.

Beberapa kriteria itu meliputi aspek capaian pembelajaran lulusan atau Expected Learning Outcome (ELO), aspek kurikulum, proses, dan penilaian pembelajaran, dan aspek sumber daya manusia (SDM).

"Kemudian, ada aspek fasilitas dan infrastruktur pendukung pembelajaran mahasiswa, aspek pengembangan kualitas berkelanjutan atau Quality Enhancement, serta aspek luaran sebagai cerminan kualitas pendidikan," ucap dia melansir laman UMN, Jumat (6/8/2021).

Baca juga: Dosen Unair Beri 5 Tips Merawat Kulit di Masa Pandemi Covid-19

Dia menyebut, kunjungan fasilitas secara virtual saat penilaian juga dilakukan.

Hal itu guna mengkonfirmasi kualitas sarana dan prasarana yang ada di UMN, seperti perpustakaan, student support, laboratorium, dan kelengkapan pendukung, seperti maintenance dan HSE.

Tak lupa juga, asesor menaruh banyak perhatian pada inkubator bisnis UMN, yakni Skystar Venture. Mereka menganggap itu adalah sebagai trademark dan keunggulan UMN.

Widi menjelaskan, AUN-QA banyak menargetkan penilaian tata kelola pembelajaran berbasis luaran atau outcome based education (OBE).

Dengan mengikuti Asesmen AUN-QA ini, Prodi juga mendapat berbagai masukan yang dapat digunakan untuk terus meningkatkan pencapaian yang ada saat ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com