Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/07/2021, 19:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia sudah terkenal di berbagai negara sebagai wilayah besar yang memiliki lautan luas. 

Karena itu, tidak mengherankan jika Indonesia memiliki kekayaan alam berupa biota laut yang sangat beragam dan bernilai ekonomis tinggi.

Namun karena berbagai faktor biologis maupun faktor eksternal seperti penangkapan ikan secara berlebihan, membuat beberapa jenis ikan menjadi langka atau bahkan terancam punah.

Dilansir dari laman Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) ada jenis ikan yang terancam punah di perairan Indonesia. Apa saja ya? 

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

 1. lkan Napoleon/ lkan Maming (Berau)

Ikan dengan nama latin Cheilinius undulatus Ruppell ini menjadi salah satu jenis ikan yang statusnya terancam punah berdasarkan data dari International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Jenis ini dapat hidup hingga sedikitnya 30 tahun, dan mengalami dewasa seksual antara 5-7 tahun, sehingga jeda antar generasi cukup tinggi sedangkan penambahan populasinya sangat lambat.

Ikan ini banyak ditemukan di wilayah perairan Nias, Teluk Tomini, Teluk Telo, Laut Banda, dan Teluk Cendrawasih. Selain itu, ikan ini termasuk dalam jenis ikan hermaprodit (terjadi perubahan jenis kelamin dari betina menjadi jantan), yang membuatnya lebih rentan terhadap penangkapan berlebihan.

Baca juga: Sudah Ada sejak Zaman Hindu Buddha, Ini Sejarah Jamu Gendong

2. Ikan Terubuk

Ikan ini memiliki nama latin Tenualosa macrura. lkan terubuk merupakan ikan yang hidup di permukaan perairan pantai yang berpindah dari laut ke air tawar.

lkan ini mempunyai rentang salinitas (kadar kandungan garam) yang tinggi, sehingga mampu hidup di air laut, air tawar dan air payau dengan kisaran kedalaman 0 – 50 meter.

Karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi untuk diekspor maupun dikonsumsi oleh masyarakat, membuat jenis ikan ini termasuk dalam spesies yang terancam punah. Ikan ini banyak tersebar di sekitar perairan Malaysia, Indonesia, dan Thailand.

3. Hiu Paus

Ikan dengan nama latin Rhincodon Typus dikenal dengan nama Hiu Paus di kalangan masyarakat Indonesia. Hiu paus merupakan ikan terbesar di dunia dengan panjang yang dapat mencapai 18 meter.

Ikan Hiu Paus selalu bermigrasi baik secara individu maupun berkelompok dari perairan lepas hingga ke perairan pantai. Ikan ini banyak ditemukan di Samudera Hindia.

Siripnya memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan dagingnya yang dapat konsumsi membuat ikan ini banyak diburu. Berdasarkan data di situs www.iucnredlist.org yang diakses pada 9 Juli 2021, ikan ini berstatus terancam punah.

4. Hiu Gedebong

Hiu Gedebong yang di daerah Jawa dikenal dengan nama Hiu Bisu, memiliki nama latin Nebrius ferrugineus.

Bentuknya cukup unik karena memiliki sirip ekor yang asimetris dengan panjang ekor mencapai sepertiga dari total panjang tubuhnya, letak hidung yang berada di dekat moncong dengan cuping yang pendek.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com