Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unnes Buka Jalur Seleksi Mandiri Jalur Prestasi, Cek Syarat Lengkapnya

Kompas.com - 18/04/2021, 11:20 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana, Universitas Negeri Semarang (Unnes) masih membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui Seleksi Mandiri Jalur Prestasi 2021.

Seleksi Mandiri Unnes Jalur Prestasi adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang S1 yang diselenggarakan secara mandiri oleh Unnes dengan tujuan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru.

Baca juga: Direktur SMP: Guru Garda Terdepan Hentikan Bullying di Sekolah

Selain itu juga sebagai bentuk penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi luar biasa atau juara dalam bidang olahraga, seni, Olimpiade atau lomba bidang studi, dan lomba bidang keagamaan.

Kamu masih bisa memanfaatkan peluang masuk Unnes ini karena pendaftaran masih dibuka hingga 26 April 2021 mendatang.

Merangkum laman unnes.ac.id, berikut syarat dan ketentuan agar bisa mendaftar jalur Seleksi Mandiri Unnes.

Baca juga: Psikolog UGM: Rentan Di-bully, Jangan Beri Stigma Bodoh Anak Disleksia

Persyaratan umum

  • Siswa SMA/MA/SMK/MAK/sederajat yang pada tahun 2021 terdaftar aktif di kelas 12/13, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah.
  • Sanggup mematuhi etika dan tata tertib Mahasiswa Unnes serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa Unnes. Termasuk sanggup membayar biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) rendah (kategori I atau II), biaya hidup selama masa studi, dan lain-lain.
  • Menandatangani surat kesanggupan berprestasi selama masa studi dan akan dievaluasi tim.

Baca juga: Survei: Mayoritas Kabupaten/Kota di Sumatera Dukung PTM Segera Dimulai

Persyaratan khusus

Memiliki salah satu prestasi atau memiliki sertifikat atau surat keterangan:

1. Juara I, II dan III (memperoleh piala atau medali emas, perak dan perunggu) minimal tingkat Nasional dalam bidang olahraga, seni, Olimpiade/lomba bidang studi, dan lomba bidang keagamaan yang diperoleh selama duduk di SMA/MA/SMK/MAK.

2. Juara I (memperoleh piala atau medali emas) minimal tingkat provinsi dalam bidang olahraga, seni, teknologi, Olimpiade/lomba bidang studi, dan lomba bidang keagamaan yang diperoleh selama duduk di SMA/MA/SMK/MAK.

3. Mempunyai keahlian/kemampuan luar biasa yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga, yaitu hafal Alquran minimal 20 juz, penemu teknologi tepat guna yang dibuktikan dengan paten, hak cipta atau HKI lainnya (maksimal 3 orang), pembuat konten kreatif di Instagram minimal 30k follower atau youtube minimal 30k subscriber dengan konten akademik dan prestasi, motivasi, inovasi.

4. Juara/prestasi olahraga yang diakui adalah juara untuk cabang olahraga yang diselenggarakan oleh KONI, Kemendikbud dan merupakan kejuaraan resmi yang diketahui oleh induk organisasi olahraga.

Baca juga: Mobil KaCa UMM, Sarana Trauma Healing Anak-anak Korban Gempa di Malang

5. Juara/prestasi seni, teknologi yang diakui adalah juara untuk perorangan meliputi bidang musik, vokal, tari, penulisan/baca puisi, nembang macapat, seni lukis, seni kriya, komik, poster, batik, programmer, robotik, animator, desain, fotografi, juara untuk kelompok meliputi teater (maksimal 6 orang), karawitan/musik tradisi (maksimal 10 orang), tari (pasangan) yang diselenggarakan oleh Kemdikbud, atau Kementerian lainnya yang relevan.

6. Juara Olimpiade atau lomba bidang studi yang diakui adalah juara yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud, Kemenag atau kementerian lainnya.

7. Juara lomba keagamaan yang diakui adalah juara MTQ atau lainnya yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemenag atau Kemdikbud.

8. Bukti sertifikat, piagam kejuaraan atau surat keterangan sesuai bidang prestasi/kemampuan luar biasa pada poin nomor 1 hingga 7 harus disahkan oleh Kepala Dinas setempat atau pejabat/pengampu yang berwenang.

9. Peserta harus lulus Ujian Tulis Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA).

Baca juga: Trakindo Buka Lowongan Kerja bagi D3-S1 Fresh Graduate

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com