3 Gejala Awal Diabetes yang Jarang Disadari

Kompas.com - 29/05/2022, 11:30 WIB

KOMPAS.com - Gejala awal diabetes perlu diketahui, khususnya oleh orang yang memiliki faktor risiko lebih tinggi.

Adapun orang yang memiliki faktor risiko terserang diabetes adalah mereka yang memiliki turunan penyakit gula darah, obesitas, dan menjalankan gaya hidup tidak sehat.

Diabetes adalah kondisi kadar gula darah tinggi yang tidak normal. Cara untuk mengukur kadar gula adalah dengan melakukan tes darah di klinik atau rumah sakit.

Selain itu, pengidap diabetes, baik tipe 1 maupun tipe 2, biasanya mengalami sejumlah gejala awal berupa sering buang air kecil, sering haus, dan lapar yang berlebihan.

Gejala awal diabetes

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (10/8/2021), kepala petugas medis di Pendulum, sebuah perusahaan yang membuat produk untuk membantu mengontrol kadar glukosa, dr. Orville Kolterman, MD mengatakan, gejala awal diabetes dikenal dengan 3 P, yakni:

Baca juga: Jenis Buah yang Paling Tidak Sehat, Sebabkan Diabetes hingga GERD

- Poliuria: Sering buang air kecil

- Polidipsia: Peningkatan rasa haus

- Polifagia: Rasa lapar yang berlebihan

Penderita diabetes tipe 1 tidak menghasilkan insulin sama sekali, sehingga umumnya sering menunjukkan gejala yang lebih dramatis jika dibandingkan dengan pengidap diabetes tipe 2.

Dokter farmasi dan salah satu pendiri Diabetes Doctor Supplements, Stephanie Redmond mengatakan, diabetes tipe 1 lekat dengan kerusakan yang sangat cepat dan gejala yang parah, sehingga pasien harus dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan diagnosis.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.